Banner

Menteri Energi Saudi tegaskan keputusan OPEC+ bebas unsur politik

Foto yang diabadikan pada 5 September 2022 ini menunjukkan kantor pusat Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) di Wina, Austria. OPEC dan para mitranya, sebuah kelompok yang dikenal sebagai OPEC+, pada Senin (5/9/2022) mengumumkan pengurangan produksi dalam skala kecil untuk bulan Oktober 2022 demi meningkatkan harga minyak yang baru-baru ini merosot karena kekhawatiran resesi. Aliansi minyak tersebut memutuskan untuk mengurangi produksi sebesar 100.000 barel per hari pada Oktober dari level September, menurut pernyataan OPEC yang dirilis setelah Pertemuan Tingkat Menteri OPEC dan non-OPEC ke-32. (Xinhua/Wang Zhou)

Keputusan OPEC+ memangkas produksi pada bulan Oktober telah dikritik habis-habisan, dan digambarkan sebagai ‘sangat berisiko’, ‘disayangkan’, dan ada saran bahwa hal itu didorong oleh motivasi politik, sehingga akan mendorong ekonomi global ke dalam resesi dan akan merugikan negara-negara berkembang.

 

Jakarta (Indonesia Window) – Menteri Energi Arab Saudi Abdulaziz bin Salman bin Abdulaziz mengatakan dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Arab Saudi pada Selasa (20/12), bahwa Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan para sekutunya, yang secara kolektif dikenal sebagai OPEC+ mengesampingkan unsur politik dari proses pengambilan keputusan, serta dari penilaian dan perkiraan mereka.

Banner

“Seperti yang telah saya tekankan berkali-kali, di OPEC+ kami meninggalkan politik dari proses pengambilan keputusan kami, dari penilaian dan perkiraan kami, dan kami hanya fokus pada fundamental pasar. Ini memungkinkan kami untuk menilai situasi dengan cara yang lebih objektif dan dengan lebih jelas dan ini pada gilirannya meningkatkan kredibilitas kami,” katanya kepada SPA.

Dia menggunakan krisis Ukraina sebagai contoh, dengan mengatakan bahwa pada awalnya “beberapa pihak memperkirakan kehilangan pasokan besar lebih dari 3 juta barel per hari yang menyebabkan kepanikan dan berkontribusi pada volatilitas ekstrem. Saat itu, banyak yang menuduh OPEC+ berada di belakang kurva dan tidak menanggapi krisis secara tepat waktu. Tetapi kerugian yang diproyeksikan ini tidak terwujud.”

Menteri Energi Saudi itu juga merujuk pada keputusan OPEC+ untuk memangkas produksi pada bulan Oktober dan bagaimana hal itu dikritik habis-habisan.

Banner

“Keputusan OPEC+ digambarkan sebagai ‘sangat berisiko’, ‘disayangkan’, dan ada saran bahwa itu didorong oleh motivasi politik dan bahwa keputusan tersebut akan mendorong ekonomi global ke dalam resesi dan akan merugikan negara-negara berkembang. Sekali lagi, kalau dipikir-pikir, keputusan OPEC+ ternyata tepat untuk mendukung stabilitas pasar dan industri,” ujarnya.

Dia juga mengkritik politisasi statistik dan peramalan serta menggunakannya untuk mendiskreditkan OPEC+ dan peran stabilisasinya, dengan mengatakan hal itu “menghasut konsumen dan menciptakan kebingungan di pasar serta menimbulkan anomali dan interpretasi yang salah arah, yang semuanya berkontribusi pada volatilitas yang tidak perlu.”

“Pada akhirnya, bermain politik dengan statistik dan peramalan dan tidak menjaga objektivitas seringkali cenderung menjadi bumerang dan mengakibatkan hilangnya kredibilitas,” tambahnya.

Banner

Menteri Saudi menekankan bahwa proaktif tanpa emosi telah menjadi inti dari strategi OPEC+.

Dia juga membahas kredibilitas pendekatan dan strategi OPEC+.

“Tanpa kredibilitas, pasar menjadi lebih tidak stabil dan kurang menarik bagi semua jenis peserta. Pasar minyak tidak berbeda. Sebagai OPEC+, kami tidak akan ragu dalam menangani situasi pasar apa pun. Semakin kredibel kita, semakin mudah tugas kita dalam membawa stabilitas ke pasar, dan semakin banyak stabilitas yang kita bawa, semakin besar kredibilitas kita akan diakui. Ini adalah siklus baik yang OPEC+ ingin pertahankan melalui analisis objektif dan berkualitas tinggi dan dengan tetap fokus pada fundamental pasar,” tegasnya.

Banner

Sumber: Al Arabiya English

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan