Pendonor organ terdaftar di China tembus 6 juta

Seorang sukarelawan meletakkan bunga di depan sebuah monumen untuk menghormati para pendonor organ dalam sebuah acara peringatan yang diadakan di pemakaman pendonor organ tubuh manusia di Kunming, Provinsi Yunnan, China barat daya, pada 3 April 2019. (Xinhua/Jiang Wenyao)

Jumlah pendonor organ terdaftar di China mencapai hampir 6,2 juta, yang sebagian besar dari mereka merupakan orang dewasa muda dan orang paruh baya, berusia 45 tahun ke bawah.

 

Beijing, China (Xinhua) – Jumlah pendonor organ terdaftar di China mencapai hampir 6,2 juta, dengan jumlah transplantasi organ tahunan negara itu masih menduduki peringkat kedua tertinggi di dunia, seperti dilaporkan China Daily pada Senin (3/4).

Mayoritas pendonor yang terdaftar merupakan orang dewasa muda dan orang paruh baya, berusia 45 tahun ke bawah, kata Hou Fengzhong, Kepala Pusat Administratif Donasi Organ China, yang dikelola oleh Palang Merah China (Red Cross Society of China/RCSC), seperti dikutip China Daily.

Mengutip data yang dirilis oleh RCSC, laporan berita tersebut menyatakan bahwa hampir 1,54 juta orang terdaftar sebagai pendonor organ pada tahun lalu, dibandingkan dengan sekitar 1,52 juta pada 2021 dan 1,01 juta pada 2020.

China memulai sebuah program uji coba donasi organ secara sukarela pada 2010, dan donasi anumerta secara sukarela menjadi satu-satunya sumber transplantasi organ yang legal di negara itu pada 2015, tambah laporan berita tersebut.

Program itu telah melakukan 135.000 transplantasi organ yang melibatkan sekitar 44.000 pendonor organ anumerta dalam 13 tahun, menurut laporan berita tersebut.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan