Endoskopi transplantasi hati dari donor hidup berhasil dilakukan di Vietnam

Endoskopi transplantasi hati dari donor hidup berhasil dilakukan di Vietnam
Ilustrasi. (Olga Kononenko on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Dokter dari Rumah Sakit Militer Pusat 108 Vietnam telah berhasil melakukan operasi endoskopi untuk mengambil bagian hati kanan dari donor hidup untuk transplantasi hati.

Ini adalah pertama kalinya operasi semacam itu dilakukan di Vietnam.

Menurut Kolonel Dr. Le Van Thanh, operasi yang rumit itu memakan waktu lima jam, serta membutuhkan pengalaman yang luar biasa dari para dokter dan peralatan medis modern.

Pendonor telah pulih setelah enam hari, sedangkan pasien penerima juga telah mendapatkan fungsi hati yang normal dan kondisi kesehatan yang baik setelah 10 hari, jelasnya.

Saat ini, Vietnam memiliki sembilan fasilitas medis yang dapat melakukan transplantasi hati, dengan total 300 pasien yang telah menjalani transplantasi hati sejauh ini.

Rumah Sakit Pusat Militer 108 telah melakukan transplantasi hati dengan jumlah tertinggi dari donor hidup di negara ini dengan 91 kasus. Rumah sakit mengharapkan untuk meningkatkan jumlah operasi transplantasi hati setiap tahun menjadi 100-150 kasus dari 40-50 saat ini.

Sejauh ini, para dokter Vietnam telah menguasai teknik ini, memberikan harapan kepada lebih banyak pasien.

Statistik menunjukkan bahwa setiap tahun, sekitar 2.000-25.000 pasien yang menderita penyakit hati membutuhkan transplantasi di Vietnam.

Sumber: Kantor Berita VNA

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here