Jerman salurkan 41 triliun rupiah untuk infrastruktur hijau Indonesia

Jerman salurkan 41 triliun rupiah untuk infrastruktur hijau Indonesia
Pemerintah Jerman menyatakan siap untuk menyediakan dana sebesar 41,25 triliun rupiah guna mendukung pembangunan infrastruktur hijau di Indonesia dalam skema kerja sama yang bertujuan mengurangi emisi karbon di perkotaan. (Gerd Altmann from Pixabay)

Jakarta (Indonesia Window) – Pemerintah Jerman menyatakan siap untuk menyediakan dana sebesar 41,25 triliun rupiah guna mendukung pembangunan infrastruktur hijau di Indonesia dalam skema kerja sama yang bertujuan mengurangi emisi karbon di perkotaan.

Kerja sama tersebut diluncurkan oleh Pemerintah Jerman dan Indonesia secara virtual pada Kamis (4/3) di hadapan sejumlah pejabat tinggi kedua negara, kata KBRI Berlin dalam keterangan tertulis yang dirilis Jumat.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bahwa Indonesia dan Jerman adalah anggota kelompok G20 yang telah menerapkan model tanggung jawab bersama dalam konteks isu global yang signifikan saat ini, khususnya perubahan iklim, melalui kerja sama Inisiatif Indonesia-Jerman Untuk Infrastruktur Hijau.

Melalui skema kerja sama tersebut, Jerman akan memberikan dana sebesar 2,5 miliar euro (sekitar 41,25 triliun rupiah) selama lima tahun melalui kemitraan dengan Bank Nasional Jerman (KfW).

“Ke depan, kita bisa menyaksikan sungai yang lebih bersih, sampah laut yang menyusut, akses air bersih yang lebih luas, serta moda angkutan umum yang lebih efektif dan lebih baik,” ujar Luhut.

Selain dana, kerja sama juga akan direalisasikan melalui transfer teknologi dan kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat.

Selain menkomarves, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa, Duta Besar RI untuk Jerman Arif Havas Oegroseno, serta Menteri Federal Ekonomi dan Pembangunan Jerman Gerd Muller dan Duta Besar Jerman untuk Indonesia Peter Schoof juga menghadiri peluncuran kerja sama tersebut.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here