Beijing luncurkan pemindaian telapak tangan untuk tiket kereta bawah tanah

Seorang penumpang dipindai telapak tangannya sebelum memasuki stasiun kereta bawah tanah di Beijing, ibu kota China, pada 21 Mei 2023. (Xinhua/Komisi Transportasi Kota Beijing)

Jalur kereta bawah tanah di Beijing kini memfasilitasi para penumpang untuk masuk dan keluar dengan hanya memindai telapak tangan, memungkinkan mereka untuk menggunakan moda transportasi ini jika tidak memiliki uang tunai saat ponsel pintar mereka kehabisan daya baterai.

 

Beijing, China (Xinhua) – Tidak perlu lagi menggesek kartu atau memindai kode QR. Sebuah jalur kereta bawah tanah di Beijing kini memfasilitasi penumpang untuk masuk dan keluar ‘dengan tangan kosong’, hanya perlu memindai telapak tangan mereka.

Sebuah program percontohan diluncurkan pada Ahad (21/5) untuk menerapkan teknologi baru di Daxing Airport Express, jalur kereta bawah tanah yang menghubungkan Bandar Udara Internasional Daxing Beijing, kata Komisi Transportasi Kota Beijing.

Penumpang dapat menunjukkan telapak tangan mereka untuk melewati gerbang tiket di stasiun-stasiun di sepanjang jalur kereta tersebut setelah memasukkan informasi telapak tangan mereka di mesin tiket stasiun dan mengizinkan penggunaan informasi tersebut melalui WeChat, sebuah aplikasi perpesanan populer di China. Biaya akan secara otomatis terpotong setelah penumpang keluar.

Gerbang tiket mengenali telapak tangan dan pembuluh darah pengguna tanpa kontak, kata komisi tersebut. Hal itu memungkinkan penumpang untuk menggunakan moda kereta bawah tanah jika mereka tidak memiliki uang tunai saat ponsel pintar mereka kehabisan daya baterai.

Komisi Transportasi Kota Beijing mengatakan teknologi enkripsi dan data masking telah diterapkan untuk melindungi informasi pengguna.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan