Jerman akan kucurkan miliaran euro untuk modernisasi sistem pemanas rumah

Sejumlah turbin angin terlihat di Brandenburg, Jerman, pada 15 September 2022. (Xinhua/Ren Pengfei)

Modernisasi sistem pemanas rumah Jerman dilakukan dengan memanfaatkan sumber energi terbarukan dengan skema subsidi bernilai miliaran euro.

 

Berlin, Jerman (Xinhua) – Jerman berencana meluncurkan skema subsidi bernilai miliaran euro untuk membantu para pemilik rumah melakukan modernisasi sistem pemanas rumah mereka dan meningkatkan penggunaan sumber energi terbarukan, menurut laporan resmi yang dirilis pada Kamis (9/3).

“Sebagai sebuah negara, kita saat ini mempunyai kesempatan untuk membangun momentum bersama,” kata Robert Habeck, Deputi Kanselir sekaligus Menteri Urusan Ekonomi dan Aksi Iklim Jerman, saat mempresentasikan laporan bertajuk ‘Renewing prosperity in a climate-neutral way’ (Mempertahankan kemakmuran dengan cara yang netral iklim).

Dalam perjalanan menuju target netral iklim per 2045, Jerman berusaha untuk secara bertahap mengalihkan semua sistem pemanas ke sumber energi terbarukan. Per 2024, sistem pemanas yang baru dipasang harus ditenagai oleh energi terbarukan dengan persentase sedikitnya 65 persen, menurut sebuah draf undang-undang baru-baru ini.

Modernisasi sistem pemanas rumah
Tumpukan kayu bakar disimpan di halaman sebuah rumah di Berlin, ibu kota Jerman, pada 1 November 2022. (Xinhua/Ren Pengfei)

Skema subsidi baru tersebut akan difokuskan pada rumah tangga berpenghasilan rendah dan menengah. “Upaya mengganti (sistem pemanas lama) dan netralitas iklim tidak boleh dan tidak akan menjadi masalah sosial,” lanjut Habeck.

Sementara itu, perusahaan industri kecil dan menengah juga akan didukung dalam menjadikan operasional mereka lebih ramah iklim. Menurut laporan tersebut, dana sebesar lebih dari 10 miliar euro akan dialokasikan untuk tujuan ini saja.

Modernisasi sistem pemanas rumah
Peralatan pemuatan beroperasi di fasilitas penyimpanan batu bara sebuah pembangkit listrik termal di Berlin, Jerman, pada 9 Januari 2023. Pada 2022 batu bara masih menjadi sumber energi utama dalam produksi listrik negara itu, mewakili pertumbuhan sebesar 8,4 persen dalam bauran energi nasional. (Xinhua/Ren Pengfei)

Kebijakan-kebijakan baru tersebut akan membantu Jerman mengurangi ketergantungannya terhadap bahan bakar fosil. Tahun lalu, batu bara masih menjadi sumber energi utama dalam produksi listrik negara itu, mewakili pertumbuhan sebesar 8,4 persen dalam bauran energi Jerman jika dibandingkan dengan tahun 2021, papar Kantor Statistik Federal Jerman (Destatis).

*1 euro = 16.293 rupiah

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan