Banner

Iran mulai pembangunan PLTN baru

Orang-orang bekerja di lokasi pembangunan tahap kedua Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Bushehr Iran di Bushehr, Iran selatan, pada 10 November 2019. (Xinhua)

Pembangunan PLTN Karoon Iran berkapasitas 300 megawatt di Provinsi Khuzestan, Iran barat daya rencananya akan menghabiskan 1,5 hingga 2 miliar dolar AS dan waktu delapan tahun.

 

Teheran, Iran (Xinhua) – Iran pada Sabtu (3/12) memulai pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) baru di Provinsi Khuzestan, Iran barat daya, demikian dilaporkan kantor berita Nour.

Banner

Mohammad Eslami, Kepala Organisasi Energi Atom Iran, dan beberapa pejabat setempat menyaksikan dimulainya pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir Karoon berkapasitas 300 megawatt, yang akan memasang sebuah reaktor air ringan bertekanan dengan menggunakan uranium oksida yang diperkaya 4 persen sebagai bahan bakar.

Iran telah memulai pembangunan PLTN dengan “kecepatan tinggi,” kata Eslami, menambahkan bahwa PLTN Karoon akan membantu Iran mencapai target peningkatan pangsa energi nuklir menjadi sekitar 20 persen dari keranjang listrik keseluruhan negara itu.

Iran berencana menghabiskan 1,5 hingga 2 miliar dolar AS dan waktu delapan tahun untuk membangun PLTN Karoon, menurut kantor berita Nour.

Banner

PLTN Bushehr 1.000 megawatt tersebut, yang merupakan PLTN sipil pertama di Iran, mulai memasok listrik pada September 2011 dengan kerja sama Rusia.

Provinsi Khuzestan

Khuzestan, yang berjarak 522 kilometer dari Teheran, adalah rumah bagi sekitar 80 persen cadangan minyak darat Iran.

Pada November 2019, Iran mengumumkan penemuan ladang minyak raksasa di Khuzestan dengan 53 miliar barel, yang dapat meningkatkan cadangannya hingga sepertiga.

Banner

Pada Agustus 2020, pemerintah Iran juga berencana membuka kilang gas terbesar di Timur Tengah di Khuzestan.

Selain itu, provinsi ini secara historis menjadi penghasil gandum terbesar dan salah satu penghasil jagung dan beras terbanyak. Pada tahun 2017, provinsi ini memiliki lahan panen terluas dan menghasilkan biji-bijian dan kacang-kacangan terbanyak. Khuzestan juga bertanggung jawab atas sebagian besar gula bit dan tebu Iran.

Khuzestan juga rumah bagi pengekspor baja terbesar di negara itu.

Banner

*1 dolar AS = 15.617 rupiah

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan