Banner

Sebanyak 363 WNI Tiba di Indonesia pada evakuasi tahap 2 dari Sudan

Pada evakuasi tahap 2, Pemerintah RI memulangkan sebanyak 363 WNI (warga negara Indonesia) dari Sudan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 991 yang tiba di tanah air pada 30 April, 2023. (Kementerian Luar Negeri RI)

Pada evakuasi tahap 2, Pemerintah Indonesia tidak hanya mengevakuasi WNI, tapi juga warga negara asing dari negara di Timur Laut Afrika tersebut. 

 

Jakarta (Indonesia Window) – Pada evakuasi tahap 2, pemerintah memulangkan sebanyak 363 WNI (warga negara Indonesia) dari Sudan dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 991 yang tiba di tanah air pada 30 April, 2023.

Banner

Dengan 385 WNI yang kembali ke Indonesia pada April 28, total WNI yang telah dievakuasi dan dipulangkan ke tanah air berjumlah 748 orang, ungkap Kementerian Luar Negeri RI dalam keterangan tertulisnya seperti dikuti oleh Indonesia Window pada Senin.

Tidak hanya WNI, Pemerintah Indonesia juga membantu mengevakuasi sejumlah warga asing pada evakuasi tahap 2 dari negara di Timur Laut Afrika tersebut.

WNI yang telah dipulangkan ke tanah air diinapkan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, untuk penanganan lebih lanjut oleh kementerian/lembaga terkait, sebelum dipulangkan ke daerah asal mereka masing-masing.

Banner

Kementerian Luar Negeri mengucapkan terima kasih kepada seluruh kementerian/lembaga terkait yang telah mendukung upaya evakuasi serta penanganan pengungsian WNI di dalam negeri.

Konflik militer di Sudan antara Sudan Armed Forces (Angkatan Bersenjata Sudan) dan Rapid Support Forces (Angkatan Dukungan Cepat) terjadi pada 15 April 2023.

Konflik tersebut mengancam situasi keamanan di Sudan sehingga KBRI Khartoum menetapkan status Siaga II pada 16 April 2023. Dengan meningkatnya eskalasi konflik tersebut, pada 20 April 2023, KBRI Khartoum menetapkan status Siaga I.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan