Banner

Industri seluler global pamerkan inovasi termutakhir di MWC 2023 Barcelona

Sejumlah orang berjalan melewati tulisan tanda pagar (tagar) Mobile World Congress (MWC) edisi 2023 di Barcelona, Spanyol, pada 27 Februari 2023. (Xinhua/Meng Dingbo)

Industri seluler global pamerkan inovasi termutakhir di Mobile World Congress 2023 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol, dengan konektivitas menjadi tema utama ajang tersebut, dan khususnya peluncuran teknologi 5G.

 

Barcelona, Spanyol (Xinhua) – Dari ponsel yang dapat dilipat (foldable) hingga layar yang dapat digulung (rollable), inovasi teknologi termutakhir dalam industri seluler global dipamerkan di ajang Mobile World Congress (MWC) 2023 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol, pada 27 Februari hingga 2 Maret.

Banner

Deretan ponsel cerdas (smartphone) dan aksesori terbaru seperti jam tangan pintar (smartwatch), tablet, serta perangkat jemala (headset) banyak ditampilkan di ajang tersebut, bersama dengan berbagai teknologi lainnya, seperti konektivitas 5G dan 6G, realitas virtual (virtual reality/VR) dan realitas berimbuh (augmented reality/AR), kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), dan bahkan kendaraan listrik.

“Baik Anda merupakan operator seluler, perusahaan rintisan, pencetus lalu lintas besar, atau badan sektor publik, tak ada waktu yang lebih memicu antusiasme dan menguntungkan daripada saat ini untuk terlibat dalam industri ini,” ungkap Mats Granryd, Direktur Jenderal GSMA, pihak penyelenggara MWC, dalam pidato pembukaannya pada Senin (27/2).

Industri seluler global
Sejumlah pengunjung menjajal produk besutan produsen ponsel pintar China Honor pada Mobile World Congress (MWC) edisi 2023 di Barcelona, Spanyol, pada 27 Februari 2023. (Xinhua/Meng Dingbo)

Konektivitas menjadi tema utama ajang tersebut, dan khususnya peluncuran teknologi 5G. Menurut GSMA, grup industri yang mewakili operator-operator ponsel terbesar di dunia, koneksi 5G diperkirakan akan meningkat dua kali lipat selama dua tahun ke depan hingga mencapai 2 miliar pada akhir 2025, dengan konektivitas 6G sudah di depan mata.

Banner

Granryd juga membahas tentang kesenjangan penggunaan sebagai salah satu tantangan terbesar yang dihadapi industri seluler saat ini. “Kita perlu bekerja di seluruh ekosistem untuk menghapus hambatan, yaitu keterjangkauan ponsel serta keterampilan dan literasi digital, dan menciptakan konten yang relevan dalam bahasa setempat untuk memastikan bahwa semua orang dapat mengakses internet seluler dengan aman.”

GSMA memperkirakan 3,2 miliar orang di seluruh dunia tidak dapat menikmati manfaat akses ke layanan digital. MWC tahun ini juga membuka area khusus untuk meningkatkan kesadaran akan kesenjangan penggunaan dan mendorong inklusi digital.

Industri seluler global
Foto yang diabadikan pada 27 Februari 2023 ini menunjukkan acara peluncuran produk besutan produsen ponsel pintar China Honor pada Mobile World Congress (MWC) edisi 2023 di Barcelona, Spanyol. (Xinhua/Meng Dingbo)

Teknologi imersif, baik realitas virtual, berimbuh, maupun campuran, menjadi bidang lain yang terwakili dengan baik di acara tersebut, berikut potensi metaverse bersama dengan 5G, AI, dan perangkat wearable sehingga tidak hanya menyuguhkan hiburan imersif tetapi juga memperluas kemungkinan di bidang pendidikan, kesehatan, dan industri.

Banner

Acara ini juga menampilkan demonstrasi dari inisiatif Open Gateway di seluruh industri, yang mendapat dukungan dari 21 operator seluler utama dan bertujuan untuk membantu pengembang dan penyedia cloud meningkatkan serta menyebarkan layanan dengan lebih cepat melalui satu titik akses ke jaringan operator.

Foto yang diabadikan pada 26 Februari 2023 ini menunjukkan acara peluncuran produk baru dari perusahaan teknologi China Xiaomi di Barcelona, Spanyol. (Xinhua/Meng Dingbo)

Industry City juga kembali hadir setelah diluncurkan di MWC tahun lalu dengan tujuan mencapai ‘digital everything’. Industry City mengundang sejumlah pembicara di industri ini untuk menunjukkan bagaimana berbagai sektor dapat mengadopsi teknologi terbaru untuk memberikan nilai tambah bagi bisnis dan memperkaya pengalaman pelanggan.

MWC juga menyelenggarakan KTT Manufaktur, KTT FinTech, dan KTT Mobilitas Cerdas setiap hari. Di dalamnya, para pembicara membahas berbagai solusi untuk bidang-bidang seperti digitalisasi lini dan aset pabrik global, metaverse industri, automasi, atau memerangi kejahatan keuangan.

Banner
Sejumlah pengunjung menjajal headset realitas virtual di Mobile World Congress (MWC) edisi 2023 di Barcelona, Spanyol, pada 27 Februari 2023. (Xinhua/Meng Dingbo)

Acara tahun ini juga menampilkan ‘Journey to the Future’, sebuah ruang penceritaan (storytelling space) imersif, zona baru untuk memamerkan potensi penuh teknologi disruptif dalam industri kesehatan, keberlanjutan, retail, olahraga, mobilitas, hiburan, dan robotika.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan