Arab Saudi luncurkan kartu pintar haji untuk mudahkan layanan

Arab Saudi luncurkan kartu pintar haji untuk mudahkan layanan
Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi pada Sabtu (26/12/2020) meluncurkan platform haji baru dan kartu pintar untuk menghubungkan semua operasi dan layanan ibadah. (Saudi Gazette)

Jakarta (Indonesia Window) – Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi pada Sabtu (26/12) meluncurkan platform haji baru dan kartu pintar untuk menghubungkan semua operasi dan layanan ibadah, menurut laporan Saudi Gazette.

Kartu ID pintar akan dikeluarkan untuk setiap jamaah. Kartu ini berisi informasi pribadi, medis dan tempat tinggal mereka. Kartu tersebut juga akan berkontribusi untuk memandu jamaah ke akomodasi mereka di situs suci, serta mengontrol akses ke sana dan ke berbagai fasilitas lainnya.

Dengan demikian, teknologi tersebut dapat mengurangi perjalanan yang ilegal.

Kartu pintar itu beroperasi melalui komunikasi jarak dekat atau Near-field Connection (NFC), yang merupakan teknologi konektivitas nirkabel jarak pendek yang memungkinkan perangkat berkemampuan NFC untuk berkomunikasi satu sama lain.

Kartu tersebut diseting untuk dapat diidentifikasi melalui perangkat swalayan yang ditempatkan di tempat-tempat suci. Kode batang yang tertera pada kartu dapat dibaca oleh para petugas untuk mengetahui data jamaah.

Kartu pintat itu dinilai sebagai salah satu hasil dari inisiatif Visi 2030 Arab Saudi yang terbukti berhasil untuk menjadi model penerapan teknologi dalam melayani jamaah.

Kartu pintar yang dikelola melalui pusat terpadu ini akan diaktifkan selama musim haji 2021.

Kartu tersebut telah digunakan selama musim haji 1440 Hijriah/2019 secara eksperimental.

Laporan: Raihana Radhwa

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here