Indonesia tunjuk konsul kehormatan di Kharkiv, Ukraina

Indonesia tunjuk konsul kehormatan di Kharkiv, Ukraina
Duta Besar RI untuk Ukraina Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi (kiri) bersama Konsul Kehormatan RI di Kharkiv Alexander Feldman (Jr.) (tengah) dan Ketua Umum Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) Kris Budiharjo (kanan). (Istimewa)

Jakarta (Indonesia Window) – Pemerintah telah menunjuk Alexander Feldman (Jr.) sebagai konsul kehormatan RI di Kharkiv, Ukraina yang akan membantu menguatkan hubungan Indonesia dengan negara di Eropa Timur tersebut.

Ketua Umum Rumah Kreasi Indonesia Hebat (RKIH) Kris Budiharjo telah menyampaikan Surat Kepercayaan Penunjukan Alexander Feldman (Jr.) kepada Duta Besar RI untuk Ukraina Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi, demikian pernyataan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Menurut Kris, delegasi RKIH, KBRI di Kiev dan Konsul Kehormatan RI di Kharkiv telah melakukan sejumlah kegiatan di Kota Kharkiv, antara lain melakukan pertemuan antara pengusaha Indonesia dan Ukraina, menggelar pameran dagang dan pertunjukan produksi kain tenun karya perancang Anna Mariana, dan kunjungan ke Taman Indonesia di Kebun Raya Nasional MM Gryshko di Kiev.

Dubes Yuddy berharap keberadaan Konsul Kehormatan RI di Kharkiv akan meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Ukraina di bidang ekonomi, perdagangan, dan budaya demi memakmurkan masyarakat kedua negara.

Sementara itu Alexander Feldman (Jr.) menyatakan kebanggannya dapat menjadi konsul kehormatan dari Indonesia sebagai negara besar  dengan penduduk 270 juta jiwa dan merupakan anggota G20.

Dia menyatakan kesiapannya menjalankan kepentingan Indonesia di wilayah Kharkiv serta siap meningkatkan hubungan bilateral kedua negara di bidang ekonomi, perdagangan, pariwisata, pendidikan, dan hubungan persahabatan antara masyarakat kedua negara.

Konsul Kehormatan menawarkan kerja sama kepada para pebisnis Indonesia untuk memasarkan produknya dengan memanfaatkan “Barabashovo Market’ yang merupakan salah satu pasar perdagangan terbesar di dunia seluas 75 hektar yang berada di Kharkiv.

Pada pertemuan antara pelaku bisnis kedua negara, para pengusaha Indonesia membahas kemungkinan mengekspor sembilan bahan pokok melalui calon mitra distributor mereka di Kharkiv sebelum disalurkan ke retailer (penjual eceran) di daerah setempat.

Pada akhir pertemuan tersebut pengusaha Indonesia dan Ukraina sepakat untuk melakukan pertemuan bisnis berikutnya di Kharkiv pada semester pertama tahun depan.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here