Indonesia hentikan pasokan gas ke Singapura pada 2023

Indonesia hentikan pasokan gas ke Singapura pada 2023
Ilustrasi. (Photo by Crystal Kwok on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Pemerintah memastikan akan menghentikan pasokan gas melalui pipa ke Singapura guna memenuhi kebutuhan gas dalam negeri.

Dalam pernyataan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang dikutip di Jakarta, Jumat, Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Fansurullah Asa mengatakan pemerintah tengah mencari pasar domestik untuk peralihan pasokan gas yang diekspor.

Rencananya gas yang dipasok ke Singapura akan dialirkan melalui pipa Duri Dumai, kemudian dialirkan ke kawasan industri di Sumatera.

Harga gas yang akan dilepas ke industri Sumatera dipatok sebesar 6 dolar AS per MMBTU (Million British Thermal Units) sesuai dengan ketentuan Peraturan Presiden Nomor 40 Tahun 2016 tentang Penetapan Harga Gas Bumi.

Rencana tersebut diharapkan menciptakan nilai tambah dan mengurangi defisit neraca perdagangan karena bisa mengalihkan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke gas.

Selama ini, pasokan gas ke Singapura berasal dari Blok Corridor yang dikelola ConocoPhillips sebanyak 300 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD).

Guna mendukung pengalihan pasokan gas tersebut, pemerintah telah menyiapkan infrastuktur melalui pembangunan jaringan pipa transmisi, seperti Dumai – KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Seimangke dan Wilayah Jaringan Distribusi (WJD).

Sebanyak 193 WJD telah diusulkan oleh Badan Usaha.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here