Indonesia ekspor kendaraan ‘completely built-up’ ke 80 negara

Indonesia ekspor kendaraan ‘completely built-up’ ke 80 negara
Ilustrasi. Industri otomotif di Indonesia terus meningkat hingga ke tingkat global, ditandai dengan ekspor kendaraan completely built-up (CBU) ke lebih dari 80 negara. (Niek Verlaan from Pixabay)

Jakarta (Indonesia Window) – Industri otomotif di Indonesia terus meningkat hingga ke tingkat global, ditandai dengan ekspor kendaraan completely built-up (CBU) ke lebih dari 80 negara, menurut pernyataan Kementerian Perindustrian yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Lima negara tujuan utama ekspor kendaraan CBU adalah Filipina, Arab Saudi, Jepang, Meksiko, dan Vietnam.

“Industri otomotif merupakan satu dari tujuh sektor yang mejadi prioritas pengembangan dalam implementasi industri 4.0 sesuai peta jalan Making Indonesia 4.0,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam pernyataan itu.

Menperin menyebutkan, potensi pengembangan industri otomotif nasional didukung dengan dikuasainya pangsa pasar kendaraan bermotor di ASEAN sebesar 32 persen, atau merupakan yang terbesar di kawasan Asia Tenggara.

“Pada 2019, lebih dari satu juta kendaraan bermotor dijual di dalam negeri, dan 300.000 telah diekspor ke seluruh dunia,” jelas Menteri Agus Gumiwang.

Meskipun termasuk sektor yang terkena dampak cukup berat akibat pandemik COVID-19, industri otomotif Indonesia semakin memberikan kontribusi signfikan bagi perekonomian nasional.

Kendaraan CBU adalah kendaraan bermotor dalam bentuk utuh, yang didatangkan dari luar negeri atau negara asalnya ke negara lain yang mengimpor.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here