Banner

Jakarta (Indonesia Window) – India telah menetapkan target emisi karbon net zero pada tahun 2070 sebagai bagian dari upaya dunia untuk memerangi pemanasan global.

Hal tersebut salah satu dari lima janji yang dibuat oleh Perdana Menteri India Narendra Modi saat berbicara di KTT iklim PBB di Glasgow, Inggris, pada Senin (1/11), dikutip dari Kantor Berita Bernama.

Banner

Tujuan lain dari penghasil gas rumah kaca nomor tiga dunia setelah China dan Amerika Serikat itu termasuk meningkatkan kapasitas energi non-fosilnya menjadi 500 gigawatt dan memenuhi 50 persen kebutuhan listriknya dari sumber terbarukan pada tahun 2030.

Modi mengatakan India akan mengurangi satu miliar ton total emisi karbon yang diproyeksikan antara sekarang dan 2030, serta mengurangi intensitas karbon ekonomi menjadi kurang dari 45 persen selama periode yang sama.

Pemimpin India itu menunjukkan bahwa janji keuangan internasional untuk memerangi perubahan iklim belum ditepati dan meminta negara-negara maju untuk menawarkan lebih banyak pendanaan iklim.

Banner

“India mengharapkan negara-negara maju untuk menyediakan pendanaan iklim sebesar 1 triliun dolar AS paling cepat. Hari ini kita perlu melacak kemajuan yang dibuat dalam mitigasi iklim, kita juga harus melacak pendanaan iklim,” kata Modi.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan