Banner

Ilmuwan global soroti tantangan ilmu pengetahuan utama dalam manufaktur

Foto yang diabadikan pada 26 Mei 2023 ini menunjukkan sebuah robot bionik humanoid ukuran aslinya yang dipamerkan di pusat pameran Zona Demonstrasi Inovasi Independen Nasional Zhongguancun di Beijing, ibu kota China. (Xinhua/Zhang Chenlin)

“Ilmu manufaktur merupakan kekuatan pendorong manufaktur kelas atas, dan hanya dengan memperdalam penelitian dasarnya, manufaktur kelas atas dapat berkembang secara berkelanjutan.”

 

Beijing, China (Xinhua) – Para ilmuwan global menyoroti sepuluh tantangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang manufaktur kelas atas (high-end) untuk 2023 dalam Konferensi Danau Yanqi (Yanqi Lake Conference) ke-5 yang diadakan di Beijing.

Banner

Daftar tantangan tersebut meliputi manufaktur yang dapat dikendalikan pada skala atom, dampak manufaktur yang menggunakan robot pada paradigma manufaktur masa depan, pengendalian geometri dan kinerja yang tepat dalam manufaktur aditif berenergi tinggi, pembuatan bahan dan material baru berdasarkan elemen dan struktur yang berubah-ubah, serta realisasi keterampilan yang menyerupai manusia dalam operasi robotik.

Selain itu, mekanisme dan efek evolusi spatio-temporal pembawa energi dalam manufaktur medan cahaya ekstrem, manufaktur lintas skala heterogen, manufaktur bernilai tambah tinggi yang didukung oleh performa, efisiensi tinggi dan performa tinggi dalam manufaktur laser multi skala, dan sistem robot manufaktur di masa depan, juga disebutkan sebagai masalah yang harus dipecahkan dalam manufaktur kelas atas.

Daftar tersebut diumumkan bersama oleh Ding Han dan Luo Jianbin, dua akademisi dari Akademi Ilmu Pengetahuan China (Chinese Academy of Sciences/CAS), yang juga merupakan ketua konferensi tersebut, bersama dengan para akademisi dari China, Jerman, Rusia, Inggris, Spanyol, Kanada, Jepang, Singapura, dan negara-negara lain.

Banner

“Ilmu manufaktur merupakan kekuatan pendorong manufaktur kelas atas, dan hanya dengan memperdalam penelitian dasarnya, manufaktur kelas atas dapat berkembang secara berkelanjutan,” ujar Ding.

Ilmu manufaktur
Foto yang diabadikan pada 17 Februari 2023 ini menunjukkan lengan-lengan robot yang sedang bekerja di jalur produksi sebuah pabrik kaca di Jiamusi, Provinsi Heilongjiang, China timur laut. Provinsi Heilongjiang yang berada di wilayah paling utara China mencatat pertumbuhan perdagangan barang luar negeri sebesar 18,3 persen secara tahunan (year on year/yoy) menjadi 118,8 miliar yuan (1 yuan = Rp2.096) atau sekitar 16,59 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp14.994) dalam lima bulan pertama 2023. (Xinhua/Wang Jianwei)

Konferensi tersebut diselenggarakan pada 25-27 Juni dengan tujuan untuk memfasilitasi pertukaran akademis interdisipliner dan internasional, serta memberikan dukungan ilmiah dan konsultasi strategis untuk inovasi interdisipliner dan lintas industri dalam bidang-bidang ilmiah dan teknologi utama.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan