Banner

Menlu China: Hubungan baik China-Inggris dukung pembangunan dunia

Foto dari udara yang diabadikan pada 17 Februari 2023 ini menunjukkan Pelabuhan Liverpool di Liverpool, Inggris. (Xinhua/David Rawcliffe)

Hubungan China dan Inggris yang terjalin baik tidak hanya membantu kepentingan kedua negara, tetapi juga berkontribusi terhadap perdamaian dan pembangunan dunia.

 

Beijing, China (Xinhua) – Hubungan baik antara China dan Inggris tidak hanya membantu kepentingan kedua negara, tetapi juga berkontribusi terhadap perdamaian dan pembangunan dunia, demikian disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) China Qin Gang pada Senin (20/2).

Banner

Qin menyampaikan pernyataan tersebut dalam pembicaraan via telepon dengan Menteri Urusan Luar Negeri, Persemakmuran, dan Pembangunan Inggris James Cleverly.

Menyebutkan bahwa China dan Inggris merupakan anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan dua negara besar di dunia, Qin mengatakan China bukanlah tantangan atau ancaman bagi Inggris.

Seraya menambahkan bahwa China berkomitmen terhadap pembangunan yang berkualitas tinggi dan keterbukaan tingkat tinggi, Qin mengatakan keunggulan dari pasar super besar yang dimiliki China dan potensi permintaan domestiknya akan terus dilepaskan, sehingga kedua negara dapat saling melengkapi dan mewujudkan kerja sama yang saling menguntungkan.

Banner
Hubungan China dan Inggris
Foto yang diabadikan pada 7 November 2020 ini memperlihatkan stan ekshibisi Inggris Raya di area pameran Produk Pangan dan Pertanian dalam Pameran Impor Internasional China (China International Import Expo/CIIE) ke-3 di Shanghai, China timur. (Xinhua/Chen Yehua)

Keharmonisan membawa kekayaan, dan kerja sama bilateral sangat bergantung pada atmosfer yang baik antara kedua negara, papar Qin.

Diharapkan bahwa pihak Inggris akan memandang pembangunan China secara objektif dan rasional, bekerja sama dengan China demi tujuan bersama, meningkatkan rasa saling percaya, mengatasi perbedaan dengan baik, membangun pemahaman yang tepat tentang satu sama lain, memperkuat kerja sama, serta mendorong pembangunan hubungan bilateral yang sehat dan stabil, tutur Qin.

Sementara itu, Cleverly mengatakan bahwa China membuat pencapaian pembangunan yang luar biasa dalam beberapa dekade terakhir, mengentaskan ratusan juta penduduk dari kemiskinan, dan menjadi kekuatan penting dalam perekonomian dunia.

Banner

Inggris siap memperkuat pertukaran tingkat tinggi dan komunikasi strategis dengan China, memperdalam pertukaran dan kerja sama di berbagai bidang, serta bersama-sama mengatasi tantangan-tantangan global, seperti perubahan iklim dan ketahanan pangan, imbuh Cleverly.

Kedua pihak juga bertukar pandangan terkait isu-isu yang menjadi perhatian bersama.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan