Banner

Sejumlah provinsi di China perbarui peringatan merah di tengah suhu udara ekstrem

Sejumlah staf dari State Grid Baoding Electric Power Supply Company melakukan pemeriksaan peralatan di Baoding, Provinsi Hebei, China utara, pada 6 Juli 2023. (Xinhua)

Gelombang panas di China menyengat selama sisa bulan Juli dan Agustus di beberapa wilayah, termasuk China utara dan China barat daya.

 

Shijiazhuang/Zhengzhou, China (Xinhua) – Provinsi Hebei di China utara pada Ahad (9/7) sore waktu setempat mengeluarkan peringatan merah untuk suhu tinggi, level tertinggi dalam sistem peringatan cuaca berkode warna nasional, saat suhu di beberapa wilayah di provinsi tersebut diperkirakan naik melampaui 40 derajat Celsius pada Senin (10/7).

Banner

Jumlah rata-rata hari dengan suhu tinggi, mengacu pada suhu maksimum harian pada 35 derajat Celsius atau lebih, mencapai 17,5 hari di Provinsi Hebei per 7 Juli 2023. Angka ini 1,3 kali lebih tinggi dibandingkan periode yang sama di tahun-tahun normal sekaligus rekor tertinggi sejak 1961, demikian menurut pusat iklim provinsi tersebut.

Suhu harian tertinggi di sembilan stasiun meteorologi nasional di provinsi tersebut telah mencapai atau melampaui titik ekstrem historisnya.

Provinsi Henan di China tengah juga membarui peringatan merah untuk suhu tinggi pada Ahad. Dari Ahad hingga Senin, suhu udara di beberapa wilayah di provinsi itu akan mencapai 40 derajat Celsius atau lebih.

Banner

Henan mengalami gelombang panas secara terus-menerus sejak 5 Juli, yang diperkirakan akan berlanjut hingga Senin, tutur Zheng Shilin, wakil direktur biro meteorologi provinsi tersebut.

Tahun ini, China dilanda gelombang panas dengan intensitas yang jarang terjadi, terutama di wilayah utara, yang secara tradisional lebih dingin dibandingkan wilayah selatan. Sejak pertengahan Juni, gempuran peringatan merah untuk suhu tinggi di kota-kota bagian utara, seperti Beijing, Tianjin, Shijiazhuang, dan Jinan, telah menjadi berita utama di media sosial.

Negara itu akan mengalami gelombang panas yang menyengat selama sisa bulan Juli dan Agustus di beberapa wilayah, termasuk China utara dan China barat daya, menurut sejumlah pakar cuaca.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan