Banner

Gabriel Attal jadi PM termuda Prancis kelima

Foto dokumentasi yang diabadikan pada 7 Mei 2022 ini menunjukkan Gabriel Attal di Istana Elysee di Paris, Prancis. (Xinhua/Gao Jing)

Gabriel Attal, di usia 34 tahun, ditunjuk sebagai perdana menteri Prancis menyusul pengunduran diri mantan kepala pemerintahan Elisabeth Borne, menjadi perdana menteri termuda di Republik Prancis Kelima.

 

Paris, Prancis (Xinhua) – Presiden Prancis Emmanuel Macron pada Selasa (9/1) menunjuk Gabriel Attal sebagai perdana menteri (PM), menyusul pengunduran diri mantan kepala pemerintahan Elisabeth Borne, demikian pernyataan dari istana kepresidenan Elysee.

Banner

Dalam sebuah siaran pers singkat, Elysee menyebut bahwa presiden Republik Prancis menunjuk Attal sebagai perdana menteri, dan menugaskannya untuk membentuk pemerintahan.

Pada 2020 hingga 2022, Attal menjabat sebagai juru bicara pemerintahan mantan perdana menteri Jean Castex, kemudian menjadi Delegasi Menteri Bidang Anggaran pemerintahan mantan perdana menteri Elisabeth Borne.

Gabriel Attal
Perdana Menteri Prancis Elisabeth Borne menyampaikan pidato dalam pemungutan suara mosi tidak percaya di Majelis Nasional Prancis di Paris, Prancis, pada 20 Maret 2023. (Xinhua/Rit Heize)

Menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Pemuda Nasional sejak Juli 2023, Gabriel Attal, di usia 34 tahun, menjadi perdana menteri termuda di Republik Prancis Kelima.

Banner

Upacara penyerahan jabatan dijadwalkan berlangsung di Hotel Matignon, yang merupakan kediaman resmi perdana menteri Prancis.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan