Banner

Survei DIHK: Perusahaan Jerman tak tunjukkan tanda-tanda peningkatan ekonomi

Foto yang diabadikan pada 6 Oktober 2023 ini menunjukkan Gerbang Brandenburg yang bermandikan cahaya saat digelarnya Festival Cahaya 2023 di Berlin, Jerman. (Xinhua/Ren Pengfei)

Ekspektasi bisnis di Jerman turun secara signifikan dari minus lima poin menjadi minus 22 poin, dengan lebih dari satu dari tiga perusahaan Jerman memperkirakan bisnis mereka akan memburuk, naik dari 23 persen pada musim semi.

 

Berlin, Jerman (Xinhua) – Lebih dari satu dari tiga perusahaan Jerman memperkirakan bisnis mereka akan memburuk, naik dari 23 persen pada musim semi, menurut sebuah survei yang dipublikasikan oleh Kamar Dagang dan Industri Jerman (DIHK) pada Kamis (26/10).

Banner

Dari 24.000 perusahaan di hampir semua sektor dan kawasan di Jerman yang disurvei, hanya 13 persen yang memperkirakan adanya perbaikan dalam 12 bulan ke depan. Secara keseluruhan, ekspektasi bisnis di Jerman turun secara signifikan dari minus lima poin menjadi minus 22 poin.

“Sejauh ini, kami tidak melihat adanya tanda-tanda kenaikan yang berkelanjutan. Sebaliknya, perusahaan-perusahaan menyesuaikan rencana investasi penting mereka dan niat penurunan perekrutan tenaga kerja, masing-masing ke arah yang negatif,” ujar Direktur Pelaksana DIHK Martin Wansleben.

Ekspektasi bisnis di Jerman
Orang-orang mengunjungi stan perusahaan China DJI dalam acara IFA 2023 di Berlin, ibu kota Jerman, pada 1 September 2023. (Xinhua/Ren Pengfei)

Meskipun 30 persen responden menilai bisnis mereka saat ini masih “baik”, jumlah perusahaan di Jerman yang menilai situasi mereka “buruk” meningkat sebesar 6 poin persentase menjadi 21 persen, menurut survei itu.

Banner

Harga energi dan bahan baku merupakan risiko bisnis yang paling sering disebutkan oleh perusahaan-perusahaan Jerman, diikuti oleh kekurangan tenaga kerja terampil, lemahnya permintaan domestik, dan naiknya biaya tenaga kerja.

Mengingat “prospek suram secara keseluruhan” tersebut, DIHK memperkirakan output ekonomi akan turun 0,5 persen pada 2023. Untuk tahun depan, asosiasi itu memperkirakan ekonomi terbesar di Eropa ini akan mengalami stagnasi.

Ekspektasi bisnis di Jerman
Orang-orang berjalan di tepi sungai di Berlin, Jerman, pada 13 Juli 2023. (Xinhua/Ren Pengfei)

“Kebangkitan kami dari krisis lebih lambat dari yang diperkirakan dalam lingkungan geopolitik yang sulit,” ujar Menteri Urusan Ekonomi dan Aksi Iklim Jerman Robert Habeck, dalam proyeksi musim gugur di pertengahan Oktober. Namun demikian, pemerintah memperkirakan adanya pertumbuhan ekonomi sebesar 1,3 persen pada 2024.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan