Dubes RI imbau WNI patuhi peraturan pencegahan COVID-19 Saudi

Dubes RI imbau WNI patuhi peraturan pencegahan COVID-19 Saudi
Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel saat menyampaikan imbuan kepada WNI pada Rabu (25/3) untuk mematuhi peraturan pemerintah setempat terkait pencegahan penyebaran COVID-19. (KBRI Riyadh)

Jakarta (Indonesia Window) – Duta Besar RI untuk Kerajaan Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengeluarkan imbauan, khususnya kepada Warga Negara Indonesia (WNI), untuk mematuhi semua peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah setempat dalam mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah tersebut.

Berikut ini adalah imbauan tersebut yang disampaikan pada Rabu (25/3).

Saudara-saudaraku, para WNI, para ekspatriat Indonesia di Arab Saudi.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa pada saat ini seluruh bangsa di dunia, termasuk Indonesia dan Arab Saudi sedang menghadapi wabah virus corona (COVID-19).

Sudah banyak saudara-saudara kita yang terjangkit virus ini, bahkan tidak sedikit pula yang meninggal dunia.

Sebagai pelayan WNI di Arab Saudi, saya mengimbau kepada seluruh WNI di Arab Saudi untuk:

  1. Mematuhi peraturan dan imbauan pemerintah Kerajaan Arab Saudi.
  2. Senantiasa menjaga kebersihan diri, menghindari tempat keramaian, tidak melakukan kegiatan yang melibatkan banyak orang serta tidak melakukan perjalanan yang masih bisa ditunda.
  3. Sebagai bentuk ikhtiar (usaha) kita untuk memerangi wabah virus COVID-19 ini, atau GWOCC (Global War On Combatting Corona) semua WNI di ARAB SAUDI saya imbau untuk tetap tinggal di rumah masing-masing dan meminimalisir keluar rumah.

Untuk itu, saya atas nama Pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada hadimul haramain as-syarifain, Raja Salman bin Abdulaziz, putra mahkota Mohammad Bin Salman dan seluruh jajaran pemerintahan Kerajaan Arab Saudi atas kebijakan yang telah dilakukan dalam penanganan COVID-19, termasuk kepada seluruh pasien positif COVID-19 yang dua diantaranya berkewarganergaraan Indonesia.

Saya tegaskan juga bahwa Nabi Muhammad ﷺ telah memberikan rambu-rambu penting dalam kehidupan ini. Pesan tersebut diriwayatkan oleh Imam Malik dalam Al Muwatta’ bahwa:

لا ضرر ولا ضرار

Prinsipnya kita tidak boleh membahayakan diri kita sendiri dan tidak boleh membahayakan orang lain.

Kedutaan Besar RI di Riyadh dan KJRI Jeddah selalu siap untuk membantu semua eskpatriat Indonesia di Arab Saudi dalam menghadapi keadaan saat ini.

Semoga Allah ﷻ memberikan perlindungan dan kesehatan kepada kita semua

والله الموفق إلى أقوم الطريق

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here