COVID-19 – Ada lebih dari 1.000 kluster di seluruh Indonesia

Ilustrasi. Pemerintah mencatat lebih dari 1.000 kluster infeksi COVID-19 ditemukan di seluruh tanah air. (Prasesh Shiwakoti on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Pemerintah mencatat lebih dari 1.000 kluster infeksi COVID-19 ditemukan di seluruh tanah air, kata juru bicara pemerintah untuk Mitigasi COVID-19, Reisa Broto Asmoro.

Angka tersebut diperoleh dari proses pelacakan oleh pemerintah melalui dinas kesehatan di daerah dan puskesmas pada semua pasien COVID-19 yang dikonfirmasi, kata Reisa pada konferensi pers di Kantor Kepresidenan di Jakarta, Jumat.

Kluster COVID-19 dapat ditemukan di mana-mana termasuk keluarga, kantor, dan keramaian, katanya, seraya meminta masyarakat untuk menjaga diri mereka sendiri dari kemungkinan infeksi virus corona baru terutama selama akhir pekan ketika mereka pergi keluar rumah untuk berlibur.

Hingga saat ini, pemerintah telah menguji 2,8 juta spesimen yang diambil dari sekitar 1,6 juta orang.

Menurut Kementerian Kesehatan, uji tersebut telah dilakukan pada lebih dari 10.000 orang per satu juta orang.

“Pengobatan terbaik sudah diberikan kepada pasien COVID-19, dengan harapan bisa meningkatkan angka kesembuhan,” ujarnya.

Data pemerintah menunjukkan kasus positif COVID-19 pada Jumat sebanyak 3.891, sehingga menambah jumlah terkonfirmasi menjadi 236.519, dengan 114 kematian.

Sementara itu, jumlah pasien yang dinyatakan pulih sebanyak 170.774.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan