Banner

Diplomat senior China sebut UE dapat jadi mitra wujudkan modernisasi China

Foto dari udara yang diabadikan pada 6 April 2021 ini memperlihatkan pemandangan terminal peti kemas Pelabuhan Yangshan yang terotomatisasi di Shanghai, China timur. (Xinhua/Fang Zhe)

“China dan Uni Eropa adalah dua kekuatan besar yang menjunjung tinggi perdamaian dunia, dua pasar besar yang mendorong pembangunan bersama, dan dua peradaban besar yang mendukung kemajuan umat manusia.”

 

Brussel, Belgia (Xinhua) – China berharap Uni Eropa (UE) dapat menjadi mitra penting dalam upaya China mewujudkan modernisasinya, kata Fu Cong, kepala Misi China untuk UE pada Selasa (13/12).

Banner

Fu melontarkan pernyataan itu ketika dia menyerahkan salinan Surat Kepercayaan kepada Kepala Protokol Dinas Luar Negeri Eropa (European External Action Service/EEAS) Thierry Bechet pada Selasa, menurut siaran pers yang diterbitkan oleh Misi China untuk UE pada Rabu (14/12).

China dan Uni Eropa
Foto dari udara ini menunjukkan Teleskop Radio Sferikal Apertur Lima ratus meter (Five-hundred-meter Aperture Spherical Radio Telescope/FAST) sedang menjalani pemeliharaan di Provinsi Guizhou, China barat daya, pada 22 Juli 2022. (Xinhua/Ou Dongqu)

Fu juga mengatakan bahwa dia berharap UE dapat “berbagi peluang yang dibawa oleh pasar besar China dan upaya China untuk memajukan keterbukaan kelembagaan serta memperdalam kerja sama internasional.”

“China dan UE adalah dua kekuatan besar yang menjunjung tinggi perdamaian dunia, dua pasar besar yang mendorong pembangunan bersama, dan dua peradaban besar yang mendukung kemajuan umat manusia,” kata Fu.

Banner

Mempertahankan momentum positif kerja sama bilateral di dalam prinsip keuntungan bersama dan hasil yang saling menguntungkan melayani keinginan bersama China dan Uni Eropa serta komunitas internasional yang lebih luas, lanjut Fu.

China dan Uni Eropa
Foto dari udara yang diabadikan pada 16 Desember 2021 ini menunjukkan lini produksi terotomatisasi dari sebuah perusahaan teknologi di Zona Pengembangan Ekonomi wilayah Anji di Huzhou, Provinsi Zhejiang, China timur. (Xinhua/Xia Pengfei)

Sang diplomat mengatakan bahwa China akan tetap berkomitmen untuk mengejar kebijakan luar negeri perdamaian yang independen, demi tujuan kebijakan luar negerinya yakni menegakkan perdamaian dunia dan mempromosikan pembangunan bersama serta untuk membangun komunitas dengan masa depan bersama bagi umat manusia.

Fu juga mengatakan bahwa dia dan Misi China siap bekerja dengan UE untuk mematuhi berbagai kesepakatan penting yang dicapai oleh para pemimpin kedua belah pihak, memajukan hubungan China-UE dan membina persahabatan antara kedua bangsa.

Banner

Bechet menyambut Fu saat dia menjalani peran barunya, dan mengatakan bahwa divisinya siap bekerja sama dengan Misi China dan bersama-sama mengikuti kemajuan baru dalam hubungan UE-China.

Fu tiba di Brussel pada Sabtu (10/12) untuk menerima peran barunya sebagai kepala Misi China untuk UE.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan