Banner

Puluhan pelajar Indonesia peroleh beasiswa studi di China tahun ini

Foto yang diabadikan pada 8 Agustus 2023 ini menunjukkan para penerima beasiswa China di Indonesia sedang berfoto bersama setelah upacara pemberian beasiswa di Jakarta. (Xinhua/Zulkarnain)

Beasiswa studi pemerintah China bertujuan untuk meningkatkan persahabatan kedua negara sekaligus memperkokoh kerja sama dalam beragam bidang.

 

Jakarta (Xinhua) – Lima puluh pelajar Indonesia terpilih menerima beasiswa studi dari pemerintah China pada tahun ini, demikian diumumkan Kedutaan Besar China untuk Indonesia pada Selasa(8/8) di Jakarta.

Banner

Duta Besar China untuk Indonesia, Lu Kang, mengatakan beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan persahabatan kedua negara sekaligus memperkokoh kerja sama dalam beragam bidang.

Lu Kang mendorong para penerima beasiswa untuk memanfaatkan kesempatan belajar tersebut dan menggunakan ilmu yang mereka peroleh untuk berkontribusi dalam pembangunan di Indonesia.

“Pemuda merupakan kekuatan penting dalam membangun hubungan bilateral antara China dan Indonesia,” ujar Lu Kang, sambil menyebutkan bahwa saat ini terdapat lebih dari 15.000 pelajar Indonesia yang sedang menempuh studi di China.

Banner

Salah satu penerima beasiswa itu adalah Ramadhoni Komala, pegawai Kantor Bea dan Cukai Kuala Tanjung, Sumatera Utara. Mulai bulan depan, Ramadhoni akan menempuh studi master Jurusan Administrasi Bisnis di Central China Normal University.

“Saya berharap dapat memperoleh banyak ilmu dan berinteraksi dengan teman-teman dari berbagai negara, kemudian kembali ke Indonesia untuk membangun bangsa,” ujar Ramadhoni.

Lainnya adalah Aulia Alvi, yang tak menyangka namanya lolos sebagai penerima beasiswa master Program Studi Hubungan Internasional di Beijing Foreign Studies University.

Banner

Alvi ingin belajar bagaimana budaya toleransi di China dan berharap kelak dapat membagikan semua ilmu yang dia peroleh kepada sekitar 14.000 santri di pesantren milik keluarganya.

Acara pemberian beasiswa itu diselenggarakan dengan dukungan dari Bank of China cabang Jakarta.

Pemerintah China telah banyak memberikan kesempatan belajar untuk pelajar Indonesia, termasuk 810 beasiswa penuh sejak 2017 hingga 2023.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan