BBC radio siarkan konten Islam untuk pertama kali

BBC radio siarkan konten Islam untuk pertama kali
Ilustrasi studio radio. (Photo by Jonathan Velasquez on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Kaum Muslim di Inggris sekarang dapat mendengarkan pelaksanaan sholat Jumat yang disiarkan di radio BBC untuk pertama kalinya.

Beberapa imam yang berbeda memimpin siaran pada pukul 05.50 pagi setiap pekan di 14 stasiun radio lokal BBC, serta melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran atau membaca kutipan dari Nabi Muhammad ﷺ, sebelum menyampaikan khotbah dan memimpin pendengar dalam doa, demikian laporan dari Arab News yang dikutip di Jakarta, Rabu.

Para pendengar radio di Inggris dengan komunitas Muslim yang besar berada di Leeds, Sheffield, Lancashire, Manchester, West Midlands, Leicester, Stoke, Derby, Nottingham, Coventry dan Warwickshire, Three Counties, Merseyside, Berkshire dan London.

“Radio lokal adalah semua tentang menghubungkan komunitas, dan kami berharap refleksi pekanan ini akan membantu Muslim merasakan rasa komunitas saat mereka terisolasi,” kata Chris Burns, kepala BBC Radio Lokal.

Tempat ibadah di seluruh Inggris telah ditutup sejak 23 Maret sebagai langkah dalam mecegah penyebaran virus corona.

BBC sudah menyiarkan layanan Kristen pada Ahad di 39 stasiun lokal dan nasionalnya.

Siaran sholat Jumat, yang dimulai Jumat lalu (3/4), akan berlanjut selama umat Islam tidak dapat menghadiri masjid mereka.

Ada juga rencana untuk siaran reguler bagi minoritas agama lain, seperti komunitas Hindu dan Yahudi, kata BBC.

Dalam siaran TV pada Ahad, Ratu Elizabeth memuji masyarakat dari semua agama atas upaya bersama mereka dalam mencegah penyebaran COVID-19.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here