Banner

Lalu lintas penumpang perjalanan udara Hong Kong naik 28 kali lipat pada Januari

Sebuah pesawat penumpang tiba di Bandar Udara Internasional Hong Kong pada 25 November 2022. (Xinhua/Lu Binghui)

Bandara Internasional Hong Kong (Hong Kong International Airport/HKIA) mencatat lalu lintas penumpang di angka sekitar 2,1 juta pada Januari tahun ini, menandai lonjakan secara tahunan (year on year/yoy) sekitar 28 kali lipat.

 

Hong Kong (Xinhua) – Otoritas Bandara Internasional Hong Kong (Airport Authority Hong Kong/AAHK) pada Ahad (19/2) mengumumkan bahwa lalu lintas penumpang di Bandar Udara Internasional Hong Kong (Hong Kong International Airport/HKIA) tercatat sekitar 2,1 juta pada Januari, menandai lonjakan secara tahunan (year on year/yoy) sekitar 28 kali lipat.

Banner

Pada Januari, pergerakan penerbangan mengalami peningkatan sebesar 34,9 persen (yoy) menjadi 16.215, semetara throughput kargo turun 26,4 persen menjadi 288.000 ton dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

Karena pelonggaran pembatasan perjalanan terkait COVID-19, seluruh segmen penumpang mengalami pertumbuhan yang signifikan, terutama penduduk Hong Kong, dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu, menurut AAHK.

Lalu lintas ke dan dari Asia Tenggara serta Jepang mencatat peningkatan paling signifikan. Permintaan penumpang yang kuat terpantau pada paruh kedua bulan itu karena liburan Tahun Baru Imlek.

Banner

Volume kargo masih dipengaruhi ketidakpastian ekonomi global. Penutupan sejumlah pabrik di China Daratan selama liburan Tahun Baru Imlek telah menyebabkan penurunan (yoy). Asia Tenggara, Amerika Utara, dan Eropa mengalami penurunan yang signifikan dalam hal volume kargo selama bulan itu.

Berdasarkan perhitungan rolling basis 12 bulan, volume penumpang melonjak sebesar 466 persen (yoy) menjadi 7,6 juta. Pergerakan penerbangan dan throughput kargo mengalami penurunan masing-masing sebesar 1,7 persen dan 18,2 persen menjadi 142.920 dan 4,1 juta ton.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan