ASEAN dan entitas terkait perdalam kerja sama di tengah pandemik

Sekretariat ASEAN pada Selasa (20/10/2020) menyelenggarakan acara tahunan, Forum Entitas terkait ASEAN Keempat, sebagai platform bagi Entitas terakreditasi ASEAN guna meningkatkan kerja sama lebih lanjut dengan Sekretariat ASEAN, badan sektoral ASEAN dan pusat terkait ASEAN, dan di antara entitas itu sendiri. (Sekretariat ASEAN)

Jakarta (Indonesia Window) – Sekretariat ASEAN pada Selasa (20/10) menyelenggarakan acara tahunan, Forum Entitas terkait ASEAN Keempat, sebagai platform bagi Entitas terakreditasi ASEAN guna meningkatkan kerja sama lebih lanjut dengan Sekretariat ASEAN, badan sektoral ASEAN dan pusat terkait ASEAN, dan di antara entitas itu sendiri.

Pernyataan dari Sekretariat ASEAN yang diterima di Jakarta, Rabu, menyebutkan sekitar 150 peserta yang mewakili anggota parlemen, peradilan, pemuda, masyarakat sipil, wanita, serta asosiasi bisnis dan profesional menghadiri forum tahun ini yang berlangsung secara virtual.

Dalam sambutannya, Sekretaris Jenderal ASEAN Dato Lim Jock Hoi mendorong entitas untuk menjajaki kolaborasi satu sama lain guna membantu realisasi awal dari Visi Komunitas ASEAN 2025.

“Sekretariat ASEAN selalu akan bekerja dengan Anda, entitas dan pemangku kepentingan, untuk lebih memperkuat citra dan brand ASEAN,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Tetap Vietnam untuk ASEAN Tran Duc Binh, sebagai Ketua Komite Wakil Tetap untuk ASEAN (ASEAN CPR), menyampaikan apresiasi atas kontribusi entitas dalam meningkatkan kesadaran ASEAN dan mendorong pembangunan komunitas.

”Saya berharap Forum 4th Entitas Keempat ini menjadi wadah untuk menjajaki kerja sama lebih lanjut,” katanya.

Forum ini dimulai dengan gambaran umum tentang dampak pandemik COVID-19 di ASEAN dan tanggapan ASEAN hingga saat ini, khususnya, bagaimana negara anggota di kawasan Asia Tenggara bekerja sama dengan erat dalam kerangka kerja pemulihan pasca pandemik.

Para peserta berbagi pandangan mereka tentang kemajuan Visi ASEAN 2025 dan area yang mungkin untuk ditingkatkan.

Karena COVID-19 terus melanda kawasan dan dunia, entitas ASEAN mengakui bahwa perjalanan menuju pemulihan membutuhkan kerja sama yang lebih erat antara berbagai mitra dan pemangku kepentingan.

Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN untuk Komunitas dan Urusan Perusahaan, Michael Tene, menyerukan ASEAN dan entitasnya untuk bekerja sama lebih dekat dalam mencapai Visi ASEAN 2025.

”Saya berharap dapat melihat lebih banyak inisiatif dari entitas terkait untuk berkontribusi pada upaya kami dalam memastikan wilayah yang damai, tangguh, dan sejahtera,” ujarnya.

Saat ini terdapat 75 entitas yang terkait dengan ASEAN tercantum dalam Lampiran 2 Piagam ASEAN.

Mereka dikategorikan sebagai anggota parlemen dan peradilan, organisasi bisnis, lembaga think tank dan akademik, organisasi masyarakat sipil, dan pemangku kepentingan lainnya.

Forum ini didukung oleh Pemerintah Jerman melalui proyek kerja sama GIZ.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan