Banner

AS umumkan paket bantuan persenjataan terbesar untuk Ukraina

Foto yang diunggah oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) pada 23 Agustus 2022 ini memperlihatkan paket perlengkapan militer untuk Ukraina dimuat di Pangkalan Gabungan McGuire-Dix-Lakehurst, New Jersey, AS. (Sumber foto: Akun Twitter Departemen Pertahanan AS)

Biden mengatakan bahwa bantuan persenjataan terbaru tersebut, yang nilainya mencapai 2,98 miliar dolar AS dan merupakan yang terbesar dari jenisnya hingga saat ini, adalah bagian dari komitmen Washington untuk mendukung “rakyat Ukraina di saat mereka terus berjuang untuk mempertahankan kedaulatan mereka.” 

 

Jakarta (Indonesia Window) – Amerika Serikat (AS) pada Rabu (24/8) mengumumkan tambahan bantuan keamanan untuk Ukraina senilai hampir 3 miliar dolar AS, paket bantuan persenjataan terbesar yang diberikan dalam satu gelombang pengiriman ke Kiev di saat masa konflik Rusia-Ukraina mencapai enam bulan.

Banner

Menurut perincian dari Departemen Pertahanan AS, persenjataan dalam paket yang baru diumumkan tersebut meliputi tambahan enam National Advanced Surface-to-Air Missile Systems (NASAMS) dengan tambahan amunisi untuk NASAMS, hingga 245.000 butir amunisi artileri kaliber 155 mm, hingga 65.000 butir amunisi mortir kaliber 120 mm, hingga 24 radar antiartileri, Sistem Pertahanan Udara Nirawak (Unmanned Aerial Systems/UAS) Puma dan peralatan pendukung untuk sistem Scan Eagle UAS, sistem anti-UAS ‘Vampire’, serta sistem roket berpemandu laser.

Departemen Pertahanan AS mengatakan dalam pernyataannya bahwa paket persenjataan itu akan diambil dari kontrak dengan sejumlah produsen senjata, dengan departemen itu memanfaatkan dana yang disetujui kongres dan dialokasikan untuk Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina (Ukraine Security Assistance Initiative/USAI) untuk membeli perlengkapan militer itu.

Ini berbeda dengan Otoritas Penarikan Presiden (Presidential Drawdown Authority/PDA). Melalui PDA, Presiden AS Joe Biden sejauh ini telah menyetujui 19 gelombang pengiriman senjata ke Ukraina yang diambil dari stok Departemen Pertahanan AS.

Banner
Bantuan senjata untuk Ukraina
Foto yang diunggah oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) pada 23 Agustus 2022 ini memperlihatkan paket perlengkapan militer untuk Ukraina dimuat di Pangkalan Gabungan McGuire-Dix-Lakehurst, New Jersey, AS. (Sumber foto: Akun Twitter Departemen Pertahanan AS)

AS telah mengucurkan dana senilai lebih dari 13,5 miliar dolar AS untuk bantuan keamanan bagi Ukraina sejak Biden mulai menjabat.

Pada Rabu (24/8), Ukraina memperingati 31 tahun kemerdekaannya dari Uni Soviet dan setengah tahun konflik Rusia-Ukraina.

Dalam pernyataan yang disampaikan sebelumnya pada hari yang sama, Biden mengatakan bahwa bantuan persenjataan terbaru tersebut, yang nilainya mencapai 2,98 miliar dolar AS dan merupakan yang terbesar dari jenisnya hingga saat ini, adalah bagian dari komitmen Washington untuk mendukung “rakyat Ukraina di saat mereka terus berjuang untuk mempertahankan kedaulatan mereka.”

Banner

*1 dolar AS = 14.851 rupiah

Sumber: Xinhua

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan