Arab Saudi tetapkan Idul Adha 1442 Hijriah jatuh pada 20 Juli

Arab Saudi tetapkan Idul Adha 1442 Hijriah jatuh pada 20 Juli
Fasilitas penginapan jamaah haji di Mina saat musim haji 1440 hijriah/2020. (Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi/Kementerian Media Arab Saudi)

Jakarta (Indonesia Window) – Pemerintah Arab Saudi menetapkan bahwa Idul Adha 1442 Hijriah akan dirayakan pada 20 Juli 2021 setelah hilal (bulan) Dzul Hijjah tidak terlihat pada Jumat malam (9/7).

Dzul Hijjah, yang tahun ini dimulai pada 11 Juli, adalah bulan di mana ibadah haji yang merupakan Rukun Islam kelima berlangsung dan merupakan bulan terakhir dalam kalender Islam (Hijriah).

Ibadah haji akan dimulai pada 7 Dzul Hijjah (17 Juli) dan berakhir pada 11 Dzul Hijjah (21 Juli). Sementara itu, hari Arafah yang merupakan puncak ibadah haji akan jatuh pada 9 Dzul Hijjah (19 Juli).

Pihak berwenang Saudi telah memeriksa seluruh tenda jamaah di Arafah, serta fasilitas di Mina dan Muzdalifah, serta tempat-tempat suci lainnya.

Kerajaan mengumumkan pendaftaran online untuk peziarah, yang dimulai pada 13 Juni, telah ditutup.

Sebanyak 60.000 orang yang tinggal di Arab Saudi, termasuk warga asing akan menjalankan ibadah haji.

Sebelum pandemik COVID-19 melanda dunia setidaknya 2,5 juta jamaah dari seluruh dunia menunaikan ibadah haji, yang telah dimulai sejak zaman Nabi Ibrahim ‘alaihissalam.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here