Banner

China luncurkan satelit eksperimen teknologi

Roket pengangkut Long March-2D yang membawa sebuah satelit eksperimen teknologi untuk teknologi internet satelit meluncur dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang di Provinsi Sichuan, China barat daya, pada 23 November 2023. (Xinhua/Chen Haojie)

Satelit eksperimen untuk teknologi China diluncurkan pada 23 November 2023, pukul 18.00 Waktu Beijing, atau 17.00 WIB, oleh roket pengangkut Long March-2D, dan berhasil memasuki orbit yang telah ditentukan.

 

Xichang, China (Xinhua) – China pada Kamis (23/11) mengirim sebuah satelit eksperimen teknologi ke orbit dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang di Provinsi Sichuan, China barat daya.

Banner

Satelit eksperimen untuk teknologi internet satelit tersebut diluncurkan pada pukul 18.00 Waktu Beijing, atau 17.00 WIB, oleh roket pengangkut Long March-2D, dan berhasil memasuki orbit yang telah ditentukan.

Satelit eksperimen untuk teknologi
Seorang ekshibitor memperkenalkan sejumlah objek pameran kepada pengunjung dalam pameran pencapaian inovasi di sela-sela Konferensi Internet Industri 5G+ China (China 5G+ Industrial Internet Conference) 2023 di Wuhan, Provinsi Hubei, China tengah, pada 20 November 2023. Konferensi Internet Industri 5G+ China 2023 dibuka di Wuhan pada Senin (20/11). Sebanyak dua sesi tematik dan hampir 20 pertemuan terkait dijadwalkan digelar di ajang tersebut. Dalam kesempatan itu juga digelar pameran mengenai pencapaian inovasi “internet industri 5G+”. (Xinhua/Wu Zhizun)

Peluncuran itu merupakan misi ke-498 dari seri roket pengangkut Long March.

Peluncuran tersebut juga merupakan misi ke-84 dari roket pengangkut Long March-2D.

Banner

Sebagai wahana peluncur propelan cair dua tahap, Long March-2D mampu mengangkut muatan berbobot 1,3 ton ke orbit sinkron matahari sejauh 700 km dari Bumi.

Roket pengangkut itu memiliki kemampuan meluncurkan satelit tunggal maupun lebih ke berbagai orbit.

Bagian teratas roket tersebut, Yuanzheng-3 atau Expedition-3, juga berkontribusi terhadap keberhasilan misi itu.

Banner

Peluncuran pada Kamis tersebut merupakan misi pertama Yuanzheng-3 dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang. Untuk meningkatkan daya angkutnya, Yuanzheng-3 menggandeng roket pengangkut Long March-2D dalam misi peluncuran itu.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan