Bekasi, Jawa Barat (Indonesia Window) – Arab Saudi, Amerika Serikat, Inggris, dan Uni Emirat Arab yang tergabung dalam Quad for Sudan menyerukan pemulihan segera pemerintah sipil Sudan, dalam sebuah pernyataan bersama yang dirilis pada Rabu (3/11), menurut laporan Saudi Gazette.

“Kerajaan Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Amerika Serikat, dan Inggris menegaskan sikap negara mereka dengan rakyat Sudan dan menekankan pentingnya mendukung aspirasi mereka untuk negara yang demokratis dan damai,” demikian kutipan pernyataan bersama.

“Kami menyerukan pemulihan penuh dan segera dari pemerintah dan lembaga transisi yang dipimpin sipil,” kata Quad for Sudan.

Keempat negara mengatakan berkomitmen untuk membantu rakyat Sudan memajukan transisi negara mereka dan menyuarakan “keprihatinan serius” mereka atas situasi di negara Afrika bagian timur laut itu.

Quad for Sudan mengatakan militer harus membebaskan mereka yang ditahan dan mencabut keadaan darurat.

“Kekerasan tidak memiliki tempat di Sudan baru, pada titik ini kami mendorong dialog yang efektif antara semua pihak, dan kami mendesak semua untuk memastikan bahwa perdamaian dan keamanan bagi rakyat Sudan adalah prioritas utama,” bunyi pernyataan itu.

Laporan: Raihana Radhwa

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan