Fokus Berita – Pelaku industri kritik rencana tarif UE atas EV impor dari China

Orang-orang mengunjungi stan produsen mobil China BYD dalam gelaran Busworld Europe di Brussel, Belgia, pada 7 Oktober 2023. (Xinhua/Pan Geping)

Rencana tarif Uni Eropa (UE) untuk kendaraan listrik (electric vehicle/EV) yang diimpor dari China menuai kritik dari orang dalam industri, yang memperingatkan bahwa tindakan proteksionis dapat memperburuk ketegangan perdagangan antara kedua pihak dan mengirimkan sinyal negatif terhadap kerja sama global dan pembangunan hijau.

 

Brussel, Belgia (Xinhua/Indonesia Window) – Rencana tarif Uni Eropa (UE) untuk kendaraan listrik (electric vehicle/EV) yang diimpor dari China menuai kritik dari orang dalam industri, yang memperingatkan bahwa tindakan proteksionis dapat memperburuk ketegangan perdagangan antara kedua pihak dan mengirimkan sinyal negatif terhadap kerja sama global dan pembangunan hijau.

Komisi Eropa pada Selasa (20/8) merilis rancangan keputusannya untuk mengenakan bea masuk penyeimbang (countervailing duty) definitif atas impor EV dari China, berkisar antara 17 persen hingga 36,3 persen, yang tunduk pada persetujuan negara-negara anggota UE pada akhir bulan ini.

Langkah itu dilakukan setelah komisi tersebut mengenakan tarif tambahan sementara terhadap produsen EV China pada Juli, menyusul penyelidikan antisubsidi terhadap EV China yang diluncurkan pada Oktober 2023.

Kamar Dagang China untuk UE (China Chamber of Commerce to the EU/CCCEU) mengecam keras sikap proteksionis UE dan mengungkapkan “ketidakpuasan yang mendalam.”

Kelompok bisnis yang berbasis di Brussel tersebut berpendapat tidak ada cukup bukti untuk membuktikan bahwa kendaraan listrik China menyebabkan kerugian material yang besar pada pasar UE, menggarisbawahi bahwa tuduhan “ancaman kerugian” yang digunakan UE untuk membenarkan penerapan langkah-langkah perdagangan ini “bertentangan dengan prinsip-prinsip perdagangan yang adil dan tidak dapat diterima oleh industri.”

Tarif tersebut “tidak didasarkan pada fakta yang terbukti,” tetapi pada pernyataan untuk membenarkannya, kata Ferdinand Dudenhoeffer, direktur Pusat Riset Otomotif di Bochum, Jerman.

“Penggunaan alat perdagangan yang tidak adil oleh Komisi Eropa untuk menghalangi perdagangan bebas di sektor kendaraan listrik, bersama dengan pendekatan proteksionis ini, pada akhirnya akan melemahkan ketahanan industri kendaraan listrik Eropa, mengganggu arena persaingan yang setara, dan merusak transisi hijau UE sendiri,” kata CCCEU dalam sebuah pernyataan.

“Selain itu, situasi ini akan memperburuk ketegangan perdagangan antara China dan UE, mengirimkan sinyal yang sangat negatif terhadap kerja sama global dan pembangunan hijau,” imbuhnya.

Senada dengan kekhawatiran tersebut, Hrvoje Prpic, Presiden Asosiasi Pengemudi Kendaraan Listrik Kroasia, mengatakan tarif UE atas EV China “tidak membantu” dan “tidak menguntungkan” bagi produsen Eropa yang berjuang untuk mengimbangi industri EV yang berkembang pesat.

Prpic menuturkan bahwa justru konsumen Eropa yang akan menanggung biaya karena tarif tersebut akan membuat EV China jauh lebih mahal.

“Pengguna akhir adalah pihak yang pada akhirnya harus membayarnya,” katanya, menambahkan bahwa hal itu “jelas tidak baik” bagi seluruh pasar Eropa.

Sejumlah staf bekerja di Pabrik NIO Power Europe di Biatorbagy, Hongaria, pada 18 Maret 2024. (Xinhua/Zhang Fan)

CCCEU mendesak UE untuk mempromosikan perdagangan bebas, menghormati globalisasi, dan mendukung transisi hijau global dengan membatalkan bea masuk penyeimbang atas kendaraan listrik buatan China.

“Tindakan ini akan mendorong manfaat bersama, memperkuat pengembangan kolaboratif rantai industri otomotif antara China dan Eropa, dan meningkatkan perdagangan hijau. Ini juga akan memberikan kontribusi yang berarti bagi upaya global untuk melawan perubahan iklim,” kata CCCEU.

Kementerian Perdagangan China pada Selasa juga mengecam tarif UE, menyatakan bahwa China akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk melindungi hak dan kepentingan sah perusahaan-perusahaannya.

Kementerian tersebut menekankan bahwa lebih dari 10 putaran konsultasi teknis telah dilakukan sejak akhir Juni, mendesak UE untuk mengambil langkah-langkah praktis guna mencegah eskalasi sengketa perdagangan.

Sebelumnya pada bulan ini, China mengajukan banding ke Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), menentang pengenaan tarif tambahan sementara oleh UE atas kendaraan listrik China.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan