Banner

Feature – Menikmati panorama ‘sunset’ di pantai Tanjung Lesung

Detik-detik matahari terbenam di Tanjung Lesung, Pandeglang, Banten. (Indonesia Window)

Panorama ‘sunset’ di Tanjung Lesung sangat menawan saat detik-detik sang surya kembali ke peraduannya dengan latar langit berwarna jingga di atas cakrawala.

 

Pandeglang, Banten (Indonesia Window) – Berada di ujung paling barat Pulau Jawa, Tanjung Lesung adalah destinasi impian para wisatawan baik nusantara (wisnu) maupun mancanegara (wisman), dengan beragam keunikan yang memikat, antara lain panorama ‘sunset’ (matahari terbenam) yang mempesona.

Mereka yang ingin menyaksikan kembalinya sang surya ke peraduannya (tenggelam) dengan latar langit berwarna jingga di atas cakrawala, dapat menantinya di tepi pantai Tanjung Lesung yang menghadap ke Gunung Anak Krakatau.

Perjalanan mentari menghilang di ufuk barat sekitar pukul 17.55 sangat menakjubkan karena ia meninggalkan semburat merah, jingga dan kuning saat ‘ditelan’ Bumi.

Itey, seorang wisatawan asal Bogor, Jawa Barat, sambil duduk di atas wave breaker (penahan ombak) menyaksikan keindahan matahari tenggelam di salah satu destinasi wisata unggulan Provinsi Banten tersebut.

“Saya melihat detik-detik sunset yang sangat indah karena didukung oleh cuaca yang cerah,” ungkap Itey, seorang pengusaha kuliner dari Bogor, kepada Indonesia Window pada akhir pekan lalu.

Menurut dia yang baru kali pertama ke destinasi wisata tersebut, menyaksikan detik-detik matahari tenggelam yang sungguh menawan itu menjadi pengalaman yang tak terlupakan, dan dia berniat kembali lagi ke Tanjung Lesung yang juga dikenal dengan sebutan the city of sunset (kota matahari terbenam).

“Insyaa Allah, saya akan kembali ke Tanjung Lesung bersama keluarga untuk melihat sunset dan tempat-tempat wisata lainnya di wilayah yang memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) ini,” kata Itey yang berkunjung ke daerah itu untuk menghadiri kegiatan seminar nasional usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Selain menawarkan keindahan matahari terbenam, Tanjung Lesung juga memiliki berbagai tempat wisata yang menarik, antara lain objek wisata reliji, desa wisata, pantai, dan agrowisata.

Objek-objek wisata di Tanjung Lesung tersebut menarik tidak hanya bagi wisatawan dalam negeri tapi juga pelancong mancanegara.

Di antara turis asing tersebut adalah John Chen, Kepala Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei (TETO) yang mengakui keelokan daerah-daerah wisata di Tanjung Lesung.

John Chen mengungkapkan bahwa dia berwisata ke Tanjung Lesung lima tahun lalu dan terkesan akan keindahan daerah tujuan wisata di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, tersebut.

Media masa diharapkan dapat mempromosikan Tanjung Lesung ke seluruh dunia karena daerah tujuan wisata tersebut memiliki tempat-tempat wisata yang menakjubkan, kata John Chen saat menyampaikan ucapan selamat ulang tahun ke-8 media Sudut Pandang pada 12 Agustus 2023.

“Tanjung Lesung dengan keindahan dan keunikannya sangat layak untuk dikunjungi,” ungkapnya, seraya berharap dia akan kembali ke Tanjung Lesung dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi.

Menurut Asisten Daerah Perekonomian dan Pembanguna Kabupaten Pandeglang, Hj. Nuriah, Tanjung Lesung dengan statusnya sebagai Kawasan Ekonomi Khusus merupakan kawasan resort pantai terbesar di Pandeglang, dengan area seluas 1.500 hektare, dan telah menjadi pilihan wisatawan lokal dan asing.

Tanjung Lesung termasuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata pertama di Indonesia, ungkap Nuriah pada kegiatan Seminar Pariwisata Tanjung Lesung dalam rangka peringatan hari ulang tahun ke-8 media Sudut Pandang di Pandeglang pada Sabtu (12/8).

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner

Iklan