Tokoh geologi Indonesia luncurkan buku, jadi rujukan eksplorasi energi dan mineral

Tokoh geologi Indonesia luncurkan buku, jadi rujukan eksplorasi energi dan mineral
Bapak geologi minyak dan gas bumi (migas) Indonesia, Prof. Dr. RP Koesoemadinata pada Senin meluncurkan buku berjudul An Introduction into The Geology of Indonesia atau Pengantar Geologi Indonesia.

Jakarta (Indonesia Window) – Bapak geologi minyak dan gas bumi (migas) Indonesia, Prof. Dr. RP Koesoemadinata pada Senin meluncurkan buku berjudul An Introduction into The Geology of Indonesia atau Pengantar Geologi Indonesia.

Prof. Koesoemadinata yang telah menggeluti ilmu geologi lebih dari 60 tahun menyebutkan bahwa buku yang ditulisnya merupakan rangkuman dari data geologi, termasuk penelitian, penyelidikan dan eksplorasi di Indonesia selama 75 tahun kemerdekaan Indonesia.

“Saya dedikasikan buku ini untuk para ahli geologi di lapangan, yang bahkan bisa memakan waktu berbulan-bulan untuk mengarungi sungai, gunung demi kegiatan survei geologi di seluruh Indonesia,” tuturnya.

Sementara itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, menyatakan buku tersebut menjadi salah satu rujukan dalam kegiatan eksplorasi energi dan mineral di tanah air.

“Salah satu referensi yang digunakan Badan Geologi untuk menghasilkan produk tersebut adalah buku An Introduction into The Geology of Indonesia karya Prof. Dr. RP Koesoemadinata,” kata Arifin dalam peluncuran buku secara virtual pada Senin.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basoeki Hadimoeljono juga menyampaikan apresiasi atas peluncuran buku tersebut.

“Buku ini memperkaya pengetahuan tentang geo resources (sumber daya bumi) terutama tentang vulkanologi, erupsi dan gempa bumi. Kementerian PUPR yang dalam lima tahun ke depan sedang intensif membangun infrastruktur akan sangat terbantu dengan buku ini,” kata Basuki.

Ilmu geologi adalah salah satu cabang ilmu kebumian yang sangat erat dalam kehidupan manusia.

Di antara peran para ahli geologi adalah dalam eksplorasi air, mineral dan sumber-sumber energi; mitigasi bencana erupsi gunung api, tanah longsor, gempa bumi dan tsunami; serta penelitian fosil dan artefak yang berisi informasi tentang kehidupan masa lalu alam semesta, bumi dan manusia.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here