Lembaga PBB sebut Israel harus bekerja sama dalam tinjauan panel independen

Warga Palestina menerima bantuan makanan di Kota Rafah, Jalur Gaza selatan, pada 9 Februari 2024. (Xinhua/Rizek Abdeljawad)

Tinjauan panel independen UNRWA bertujuan untuk meninjau kembali operasi lembaga tersebut, dan laporan final diperkirakan akan rampung dan dipublikasikan pada akhir April 2024.

 

Jenewa, Swiss (Xinhua) – Badan Bantuan dan Pekerjaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA) pada Selasa (13/2) mengatakan bahwa kerja sama pemerintah Israel “sangat penting” bagi tinjauan panel independen lembaga tersebut.

Setelah menghadiri konferensi pers di Kantor PBB di Jenewa, kepala UNRWA Philippe Lazzarini mengatakan bahwa tinjauan panel independen terhadap UNRWA akan dimulai pada Rabu (14/2). Dirinya mengimbau semua pihak untuk bekerja sama secara aktif dalam tinjauan itu.

“Sangat penting bagi pemerintah Israel untuk bekerja sama” agar panel independen dapat memperoleh informasi yang “lebih dari sekadar tuduhan,” kata Lazzarini.

Tinjauan panel independen UNRWA
Warga Palestina mengantre untuk mendapatkan bantuan makanan di Kota Rafah, Jalur Gaza selatan, pada 9 Februari 2024. (Xinhua/Rizek Abdeljawad)

Dirinya juga menyatakan keprihatinannya terhadap krisis kemanusiaan di daerah Rafah, Gaza selatan, dengan orang-orang berada dalam ketakutan atas kemungkinan terjadinya “operasi militer berskala besar.” Masyarakat setempat diminta pindah, katanya. “Tapi pertanyaannya adalah, ke mana mereka harus pindah?”

Israel menuding 12 pegawai UNRWA ambil bagian dalam serangan Hamas ke Israel selatan pada 7 Oktober 2023.

Anak-anak berpartisipasi dalam kegiatan stimulasi psikologis dan bantuan di sebuah sekolah yang terafiliasi dengan Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) di Kota Khan Younis, Jalur Gaza selatan, pada 23 November 2023. (Xinhua/Rizek Abdeljawad)

Pada pekan lalu, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menunjuk sebuah panel independen untuk meninjau kembali operasi lembaga tersebut. Laporan final panel independen itu diperkirakan akan rampung dan dipublikasikan pada akhir April.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan