Banner

Kepala Kemanusiaan PBB akan kunjungi Turkiye dan Suriah yang dilanda gempa

Seorang anggota Tim Pencarian dan Penyelamatan (Search and Rescue/SAR) China melaksanakan operasi penyelamatan di puing-puing bangunan yang hancur akibat gempa bumi di Antakya di Provinsi Hatay, Turkiye selatan, pada 9 Februari 2023. (Xinhua/Shadati)

Tim pencarian dan penyelamatan (Search and Rescue/SAR), baik dari PBB maupun sejumlah organisasi internasional lainnya, telah dikerahkan di Turkiye, dengan total 6.479 personel dan 212 anjing pelacak, sementara 60 tim internasional lainnya sedang dalam perjalanan.

 

Jenewa, Swiss (Xinhua) – Undersecretary-General untuk Urusan Kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Martin Griffiths dijadwalkan melakukan perjalanan ke daerah-daerah di Turkiye dan Suriah yang terdampak gempa 6 Februari lalu, yang mengakibatkan puluhan ribu orang tewas dan terluka.

Banner

Akhir pekan ini, Undersecretary-General untuk Urusan Kemanusiaan sekaligus Koordinator Bantuan Darurat PBB itu akan mengunjungi Gaziantep di Turkiye selatan dan Aleppo di Suriah barat laut.

“Griffiths akan menunjukkan solidaritas terhadap rakyat kedua negara itu, berterima kasih kepada tim PBB di lapangan, dan mengumpulkan lebih banyak dukungan untuk upaya bantuan yang sedang berlangsung, karena kebutuhan kemanusiaan terus meningkat,” demikian diumumkan Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA).

Tim pencarian dan penyelamatan
Undersecretary-General untuk Urusan Kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Martin Griffiths berbicara pada jumpa pers di markas besar PBB di New York pada 30 Januari 2023. (Xinhua/Xie E)

Konvoi PBB pertama sejak terjadinya gempa bumi tersebut melintas dari Turkiye ke wilayah Suriah barat laut melalui Bab al Hawa pada Kamis (9/2) siang waktu setempat, kata OCHA. Konvoi tersebut terdiri dari enam truk yang membawa barang-barang untuk tempat berlindung dan peralatan nonmakanan dari Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM).

Banner

OCHA mengatakan sejauh ini setidaknya 108 tim pencarian dan penyelamatan (Search and Rescue/SAR), baik dari PBB maupun sejumlah organisasi internasional lainnya, telah dikerahkan di Turkiye, dengan total 6.479 personel dan 212 anjing pelacak. Sebanyak 60 tim internasional lainnya sedang dalam perjalanan.

Tim pencarian dan penyelamatan
Orang-orang mencari korban selamat di antara reruntuhan sebuah bangunan yang hancur akibat gempa dahsyat di wilayah permukiman al-Masharqa di Kota Aleppo, Suriah utara, pada 7 Februari 2023. (Xinhua/Str)

Gempa dahsyat yang mengguncang Turkiye dan Suriah pada Senin (6/2) sejauh ini telah menewaskan lebih dari 21.000 orang di kedua negara itu, menurut data terbaru.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan