China butuh upaya berlipat untuk capai target pertumbuhan PDB 2023

Foto yang diabadikan pada 3 Oktober 2022 ini memperlihatkan pemandangan gedung pencakar langit di Kawasan Bisnis Terpadu (Central Business District/CBD) saat matahari tenggelam di Beijing, ibu kota China. (Xinhua/Wang Jianhua)

Target pertumbuhan PDB China pada 2023 ditetapkan sekitar 5 persen pada basis tinggi output ekonomi negara itu saat ini, dan ini bukanlah tugas yang mudah dan membutuhkan upaya yang berlipat ganda mengingat banyak faktor ketidakpastian dan ketidakstabilan.

 

Beijing, China (Xinhua) – Untuk mencapai target pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) 2023 sekitar 5 persen pada basis tinggi output ekonomi China saat ini bukanlah tugas yang mudah dan membutuhkan upaya yang berlipat ganda, demikian disampaikan Perdana Menteri (PM) China Li Qiang pada Senin (13/3).

Li mengatakan menstabilkan pertumbuhan ekonomi merupakan tugas yang menantang tidak hanya bagi China, tetapi juga bagi semua negara di dunia tahun ini mengingat banyak faktor ketidakpastian dan ketidakstabilan.

China akan berpegang pada prinsip-prinsip umum untuk memprioritaskan stabilitas dan mencatatkan kemajuan sembari mempertahankan stabilitas, dan mendorong perubahan besar dalam kinerja ekonomi negara tersebut secara keseluruhan, ujar Li pada konferensi pers yang digelar setelah penutupan sesi pertama Kongres Rakyat Nasional (National People’s Congress/NPC) ke-14, badan legislatif tertinggi China.

Terkait stabilitas, penekanan ini akan diterapkan dalam memastikan pertumbuhan, lapangan kerja dan harga yang stabil, dan kunci untuk mencari kemajuan terletak pada pencapaian kemajuan baru dalam pembangunan berkualitas tinggi, katanya.

China akan memanfaatkan dengan baik sejumlah bauran kebijakan dalam meningkatkan kebijakan makro, memperluas permintaan, memajukan reformasi dan inovasi, serta mencegah dan meredakan risiko, ujar Li, menambahkan bahwa China akan memperkaya, menyesuaikan, dan meningkatkan kebijakan-kebijakan ini dalam pengimplementasiannya.

Target pertumbuhan ekonomi China
Foto dari udara yang diabadikan pada 17 Januari 2023 ini menunjukkan pemandangan pagi di Kawasan Pelabuhan Jingtang di Pelabuhan Tangshan di Tangshan, Provinsi Hebei, China utara. (Xinhua/Liu Mancang)

Li menunjukkan bahwa pembangunan China didukung oleh banyak keunggulan, termasuk pasar yang luas, sistem industri yang lengkap, sumber daya manusia yang melimpah, landasan yang kokoh untuk pembangunan, dan yang terpenting, kekuatan institusional yang menonjol.

Menyebutkan bahwa ekonomi China stabil dan meningkat dalam dua bulan terakhir dan beberapa organisasi internasional menaikkan proyeksi mereka untuk pertumbuhan ekonomi China tahun ini, Li menuturkan dia sepenuhnya yakin dengan prospek ekonomi negaranya.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan