Buntut tabrakan kereta api, menteri transportasi Yunani ajukan pengunduran diri

Foto yang diabadikan pada 1 Maret 2023 ini menunjukkan lokasi tabrakan dua kereta di Kota Tempi, Yunani. (Xinhua/Leonidas Tzekas)

Tabrakan kereta api di Yunani tengah terjadi pada Selasa (28/2), dengan sedikitnya 36 orang tewas, sementara 72 orang masih dirawat di rumah sakit, termasuk enam orang di unit perawatan intensif (ICU).

 

Athena, Yunani (Xinhua) – Menteri Infrastruktur dan Transportasi Yunani Kostas Karamanlis pada Rabu (1/3) mengundurkan diri menyusul tabrakan maut antara dua kereta yang terjadi di Yunani tengah pada Selasa (28/2). Sedikitnya 36 orang tewas dalam kecelakaan itu.

“Saya yakin merupakan tanggung jawab saya untuk melakukan hal ini sebagai setidaknya wujud penghormatan terhadap kenangan akan mereka yang tewas dengan begitu tidak adil, bertanggung jawab atas kekurangan kronis dari negara dan sistem politik Yunani,” kata Karamanlis dalam pernyataan pers yang dikirim melalui surel.

“Dari lubuk hati saya yang terdalam, sekali lagi saya menyampaikan duka cita dan dukungan saya bagi keluarga para korban,” tambahnya.

Tabrakan kereta api di Yunani
Para petugas pemadam kebakaran melakukan operasi penyelamatan di lokasi tabrakan dua kereta di Kota Tempi, Yunani, pada 1 Maret 2023. (Xinhua/Angelos Tsatsis)

Pemerintah berjanji akan melakukan investigasi menyeluruh terhadap penyebab salah satu bencana kereta api terburuk dalam sejarah perkeretaapian Yunani, menurut kantor berita nasional Yunani AMNA.

Pada situasi yang masih belum terklarifikasi di dekat Kota Larissa pada Selasa malam, sebuah kereta penumpang yang sedang menempuh perjalanan dari Athena ke Thessaloniki, kota pelabuhan di Yunani utara, berakhir di jalur yang sama dengan kereta kargo yang tengah melakukan perjalanan dari Thessaloniki ke Athena, kata pihak otoritas.

Operasi pencarian dan penyelamatan masih berlangsung pada Rabu, yang berfokus pada tiga gerbong pertama dari kereta penumpang yang dilalap api usai tabrakan itu, menurut Dinas Pemadam Kebakaran Yunani.

Berdasarkan temuan di lokasi tabrakan kereta api itu, jumlah korban tewas kemungkinan besar akan terus bertambah, kata Juru Bicara Dinas Pemadam Kebakaran Yunani Vasilios Vathrakogiannis.

Tabrakan kereta api di Yunani
Foto yang diabadikan pada 1 Maret 2023 ini menunjukkan lokasi tabrakan dua kereta di Kota Tempi, Yunani. (Xinhua/Leonidas Tzekas)

Pada Rabu siang, sebanyak 72 orang masih dirawat di rumah sakit, termasuk enam orang di unit perawatan intensif (ICU), kata Vathrakogiannis.

Berdasarkan data yang disediakan oleh operator kereta api Hellenic Train, terdapat 342 penumpang dan 10 pegawai di dalam kereta penumpang dan dua pegawai di kereta kargo saat tabrakan terjadi, lanjutnya.

Tabrakan kereta api di Yunani
Foto dari udara yang diabadikan pada 1 Maret 2023 ini menunjukkan lokasi tabrakan dua kereta di Kota Tempi, Yunani. (Xinhua/Vasilis Ververidis)

Tak lama sebelum sang menteri mengundurkan diri, kepala stasiun kereta di Kota Larissa ditangkap dengan dakwaan kelalaian yang mengakibatkan kematian dalam kecelakaan kereta tragis itu, lapor AMNA mengutip kepolisian setempat.

Yunani mengumumkan masa berkabung nasional selama tiga hari.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan