Banner

China akan manfaatkan lebih dari 18 miliar meter kubik air nonkonvensional pada 2024

Seorang peneliti menunjukkan air limbah industri dan air daur ulang yang telah diproses di Pusat Penelitian Nasional untuk Teknik dan Teknologi Pengolahan Air Industri di Tianjin, China utara, pada 22 Maret 2023. (Xinhua/Sun Fanyue)

Sumber daya air nonkonvensional jika dimanfaatkan dan dikembangkan dapat meningkatkan pasokan air, mengurangi pembuangan limbah, dan meningkatkan efisiensi penggunaan air, yang berperan penting dalam mengurangi kesenjangan antara pasokan dan permintaan sumber daya air.

 

Beijing, China (Xinhua) – China menargetkan untuk memanfaatkan lebih dari 18 miliar meter kubik air nonkonvensional tahun ini, sebagai bagian dari upayanya untuk melestarikan sumber daya tersebut, menurut Kementerian Sumber Daya Air China.

Banner
Foto yang diabadikan pada 4 Januari 2024 ini menunjukkan Air Terjun Nuorilang yang membeku di Taman Nasional Jiuzhaigou, Provinsi Sichuan, China barat daya. Sebuah festival pariwisata internasional yang menampilkan air terjun beku dibuka pada Kamis (4/1) di Taman Nasional Jiuzhaigou, yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Taman nasional yang juga dikenal sebagai Lembah Jiuzhai itu memiliki sekitar 20 lokasi wisata dan terkenal dengan sejumlah air terjun yang spektakuler, hutan yang rimbun, danau-danau yang tenang di dataran tinggi, serta formasi bebatuan karst. (Xinhua/Wang Xi)

China juga berusaha untuk meningkatkan level pemanfaatan air daur ulang di kota-kota setingkat prefektur dan di atasnya yang mengalami kekurangan air menjadi lebih dari 24 persen tahun ini, ungkap kementerian tersebut.

Sumber daya air nonkonvensional
Foto dari udara yang diabadikan dengan drone pada 16 Januari 2024 ini menunjukkan sejumlah staf sedang mengumpulkan sampah di Danau Dianchi di Kunming, Provinsi Yunnan, China barat daya. Kualitas air Danau Dianchi secara keseluruhan terpelihara selama enam tahun berturut-turut sejak mencapai Kelas IV dalam sistem evaluasi lima tingkatan di negara itu untuk pertama kalinya pada 2018. (Xinhua/Hu Chao)

Air nonkonvensional seperti air daur ulang merupakan suplemen yang penting bagi sumber daya air konvensional.

Sumber daya air nonkonvensional
Foto dari udara yang diabadikan menggunakan drone pada 25 Oktober 2022 ini menunjukkan taman ekologis air Jiangdong di Wuhu, Provinsi Anhui, China timur. Dalam beberapa tahun terakhir, Kota Wuhu di Provinsi Anhui telah melakukan berbagai upaya terus-menerus untuk memulihkan lingkungan ekologis Sungai Yangtze. Jalur hijau dan platform rekreasi telah dibangun di sepanjang sungai tersebut, sehingga menarik banyak penduduk setempat. (Xinhua/Zhu Zhigang)

Pengembangan dan pemanfaatan sumber daya air nonkonvensional dapat meningkatkan pasokan air, mengurangi pembuangan limbah, dan meningkatkan efisiensi penggunaan air, yang berperan penting dalam mengurangi kesenjangan antara pasokan dan permintaan sumber daya air di China.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan