Tank-tank Israel masuki pinggiran selatan Gaza City, bentrok dengan Hamas

Foto yang diabadikan pada 29 Oktober 2023 ini memperlihatkan kendaraan lapis baja Israel yang dikerahkan di dekat perbatasan Israel-Gaza. Dalam 23 hari, sedikitnya 8.005 warga Palestina, termasuk 3.342 anak-anak, 2.062 wanita, dan 460 warga lanjut usia, telah tewas akibat serangan udara Israel, menurut otoritas kesehatan Palestina di Gaza. (Xinhua/Chen Junqing)

Serangan udara Israel juga menjadi semakin intensif dalam waktu semalam, menghantam puluhan target di wilayah kantong pesisir itu dan mengakibatkan sejumlah warga Palestina tewas.

 

Gaza/Yerusalem, Palestina (Xinhua) – Tank-tank Israel pada Senin (30/10) meluncur ke wilayah pinggiran selatan Gaza City, terlibat bentrok dengan para pejuang Hamas yang mencoba menghentikan pergerakan mereka, menurut sejumlah saksi mata dan sumber keamanan Palestina.

Sumber-sumber itu mengatakan puluhan kendaraan militer Israel melintas dari wilayah timur Jalur Gaza dan mencapai jalan utama Salah al-Din, memutus Gaza City dari bagian tengah wilayah itu.

Sumber-sumber tersebut mengatakan bahwa sejumlah ledakan terdengar ketika pasukan Israel dan militan Palestina terlibat baku tembak di dekat area serbuan.

Serangan udara Israel juga menjadi semakin intensif dalam waktu semalam, menghantam puluhan target di wilayah kantong pesisir itu dan mengakibatkan sejumlah warga Palestina tewas, menurut sumber-sumber medis dan keamanan Palestina.

Juru bicara militer Israel Avichai Adraee mengatakan bahwa pasukan Israel memperluas operasi darat mereka di Gaza. Dia mengatakan bahwa tentara Israel membunuh puluhan militan Palestina yang bersembunyi di gedung-gedung dan terowongan serta mencoba menyerang pasukan Israel.

Sekitar 600 target diserang dalam 24 jam terakhir, termasuk depot senjata, tempat persembunyian Hamas, dan situs peluncuran rudal antitank, imbuh juru bicara Israel tersebut.

Serangan udara Israel
Tentara Israel berpatroli di sepanjang perbatasan Israel dengan Gaza pada 28 Oktober 2023. (Xinhua/JINI/Ilan Assayag)
Serangan udara Israel
Gambar tangkapan layar yang diabadikan dari video yang dirilis oleh Pasukan Pertahanan Israel (Israel Defense Forces/IDF) ini memperlihatkan pasukan Israel melakukan operasi darat di Jalur Gaza pada 27 Oktober 2023. (Xinhua)

Sementara itu, kantor media pemerintah yang dikelola Hamas membantah adanya invasi darat Israel ke lingkungan permukiman di Gaza.

Salama Maarouf, kepala kantor media tersebut, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa beberapa tank Israel dan sebuah buldoser memasuki area pertanian terbuka di Juhr al-Dik dan menembaki dua mobil sipil di jalan Salah al-Din sebelum dipaksa mundur oleh para pejuang.

Dia mengatakan bahwa “tidak ada kehadiran kendaraan militer pendudukan di Jalan Salah al-Din, dan aktivitas warga telah kembali normal.”

Pejabat Hamas itu juga menuduh Israel berusaha menciptakan kesan palsu tentang kehadiran tentaranya di area-area di dalam wilayah Jalur Gaza.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan