Banner

Restoran berbintang Michelin dorong lonjakan wisata kuliner di Turkiye

Sejumlah pelanggan memilih makanan di sebuah restoran di Istanbul, Turkiye, pada 14 Mei 2024. (Xinhua/Safar Rajabov)

Restoran berbintang Michelin dan restoran yang terdaftar dalam panduannya telah meningkatkan visibilitas dan prestise restoran Turkiye lainnya dalam skala global.

 

Istanbul, Turkiye (Xinhua) – Seiring bertambahnya restoran di Turkiye yang dicantumkan dalam panduan bergengsi, Michelin Guide, telah mendorong lonjakan wisata kuliner di seluruh negara itu, demikian disampaikan sejumlah pakar pariwisata.

Banner

Saat ini Turkiye memiliki 110 restoran berbintang Michelin, dua di antaranya meraih dua bintang dan 11 lainnya meraih satu bintang.

Hamit Kuk, penasihat utama presiden Asosiasi Agen Perjalanan Turkiye, mengatakan bahwa sektor makanan dan minuman memiliki potensi yang sangat besar dan dapat menjadi mesin pertumbuhan yang kuat jika dipadukan dengan pengalaman pariwisata yang lebih luas.

“Ini bukan hanya soal makan dan minum; wisata gastronomi mencakup pengalaman yang lebih luas. Oleh karena itu, pariwisata ini memiliki arti yang berbeda dibandingkan dengan bentuk pariwisata lainnya,” kata Kuk.

Banner

Kuk menekankan bahwa wisatawan yang berburu petualangan kuliner kerap menjelajahi tempat-tempat wisata lain di sekitarnya, memperpanjang masa tinggal mereka dan membelanjakan lebih banyak uang. Hal ini menjadi pertanda baik bagi target pariwisata Turkiye untuk menarik 60 juta wisatawan dan menghasilkan pendapatan sebesar 60 miliar dolar AS pada akhir 2024.

“Dalam konteks mempromosikan merek pariwisata Turkiye, kehadiran restoran Turkiye yang terus bertambah di Michelin Guide akan memberikan kontribusi penting bagi pengembangan jangka panjang pariwisata Turkiye,” lanjut Kuk.

Restoran berbintang Michelin
Seorang chef bekerja di sebuah restoran di Istanbul, Turkiye, pada 14 Mei 2024. (Xinhua/Safar Rajabov)

Nalan Yesilyurt, pemilik sebuah perusahaan pariwisata lokal, telah menyaksikan hal ini secara langsung. Mengkhususkan diri dalam menciptakan “pengalaman bersantap yang tak tertandingi” bagi para wisatawan yang kritis, bisnisnya berkembang pesat sejak menjadi restoran Turkiye pertama yang menerima bintang Michelin pada 2022.

Banner

“Restoran berbintang Michelin dan restoran yang terdaftar dalam panduannya telah meningkatkan visibilitas dan prestise restoran Turkiye lainnya dalam skala global,” tutur Yesilyurt kepada Xinhua di sebuah restoran trendi di distrik bersejarah Beyoglu, Istanbul.

“Restoran Thailand ini, misalnya, belum mendapatkan bintang, tetapi dicantumkannya restoran ini ke dalam daftar itu menjadikannya magnet bagi wisatawan kelas atas,” ujarnya, seraya menambahkan banyak restoran menaikkan harga dan memperbarui layanan mereka setelah masuk dalam Michelin Guide.

Yesilyurt berharap jumlah restoran berbintang Michelin di Turkiye semakin bertambah, tidak hanya di destinasi wisata populer seperti Istanbul, Izmir, dan Bodrum, tetapi juga di wilayah yang lebih luas di negara tersebut.

Banner

*1 dolar AS = 15.944 rupiah

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan