Banner

China rampungkan perakitan modul inti dari reaktor nuklir kecil

Foto yang diabadikan pada 13 Juli 2023 ini menunjukkan Linglong One, reaktor air bertekanan modular kecil serbaguna, setelah menyelesaikan uji penerimaan pabrik di Dalian, Provinsi Liaoning, China timur laut. (Xinhua/Zhang Boqun)

Reaktor modular kecil (small modular reactor/SMR) komersial pertama di dunia, Linglong One, telah menyelesaikan perakitan modul inti, menandai puncak dari proses instalasi bersejarah dalam miniaturisasi energi nuklir global.

 

Haikou, China (Xinhua) – Perakitan modul inti dari reaktor modular kecil (small modular reactor/SMR) komersial pertama di dunia, Linglong One, telah diselesaikan pada Kamis (10/8), demikian disampaikan pihak pengembangnya, China National Nuclear Corporation (CNNC).

Banner

SMR adalah reaktor nuklir canggih yang memiliki kapasitas daya hingga 300 MW(e) per unit, yaitu sekitar sepertiga dari kapasitas pembangkitan reaktor tenaga nuklir tradisional.

Ini menandai puncak dari proses instalasi Linglong One, yang merupakan langkah bersejarah dalam miniaturisasi energi nuklir global dan menegaskan bahwa China berada di garis depan secara global dalam hal konstruksi SMR modular.

Terletak di Provinsi Hainan, pulau di China selatan, Linglong One adalah reaktor air bertekanan modular kecil multifungsi yang dikembangkan secara mandiri oleh CNNC.

Banner

Modul inti adalah komponen utama dari Linglong One, dan dirancang secara independen serta dibeli oleh Institut Tenaga Nuklir China di bawah naungan CNNC. Modul tersebut juga meliputi bejana tekan dan generator uap.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan