Pupuk susu buat jambu kristal lezat dan bergizi

Pupuk susu buat jambu kristal lezat dan bergizi
Jambu kristal terkenal di kalangan masyarakat Indonesia dengan sedikitnya biji (kurang dari 3 persen dari total berat jambu per buah) dan tingkat kemanisan yang tinggi (11-12 derajat). (Indonesia Window)

Jakarta (Indonesia Window) – Jambu kristal (Guava Crystal) telah dikenal sebagai varietas yang memiliki beberapa karakteristik lebih menonjol dibandingkan jenis jambu biji lainnya.

Jambu kristal terkenal di kalangan masyarakat Indonesia dengan sedikitnya biji (kurang dari 3 persen dari total berat jambu per buah) dan tingkat kemanisan yang tinggi (11-12 derajat).

Jambu kristal dan keunggulannya tersebut pertama kali dikenalkan oleh Taiwan Technical Mission (TTM) atau Misi Teknik Pertanian Taiwan pada tahun 2001.

Untuk meningkatkan cita rasa jambu, TTM menggunakan susu sebagai ‘pupuk cair organik’, dengan pertimbangan bahwa susu kaya akan kandungan protein, lemak dan berbagai macam mineral.

Sejak lama, para petani Taiwan memanfaatkan susu basi yang difermentasikan sebagai bahan dasar pupuk cair organik.

Tanaman jambu yang menggunakan pupuk cair organik tidak hanya akan tumbuh lebih cepat dan berbuah lebih besar, namun juga mempunyai cita rasa yang lebih lezat dibandingkan jambu biji lainnya.

Apabila jambu kristal yang Anda beli di supermarket atau pasar tradisional memiliki rasa yang semakin manis, berarti produk yang Anda beli adalah jambu yang tumbuh dari ‘asupan susu’.

Selain itu, agar tak kecewa saat mengonsumsi jambu kristal, ada tiga hal yang harus diperhatikan sebelum membeli buah istimewa ini, yakni daging buah, kulit, dan bentuk buahnya.

Pilihlah jambu kristal yang pada saat dipegang terasa lebih berat dan padat, dengan kulit berwarna hijau muda hingga keemasan, dan bentuk kulit buah yang kasar. Semakin tidak rata bentuk dan kulit jambu kristal, maka kualitasnya semakin baik.

Sumber: Koran Pertanian dari Kantor Ekonomi dan Pertanian Taipei (TETO) edisi Juli 2021

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here