Pesawat luar angkasa Tianwen-1 China masuki orbit sekitar Mars

Pesawat luar angkasa Tianwen-1 China masuki orbit sekitar Mars
Ilustrasi. Pesawat luar angkasa Tianwen-1 milik China berhasil memasuki orbit di sekitar Mars pada Rabu (10/2/2021) setelah menempuh perjalanan hampir tujuh bulan dari Bumi. (Luca Rüegg on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Pesawat luar angkasa Tianwen-1 milik China berhasil memasuki orbit di sekitar Mars pada Rabu (10/2) setelah menempuh perjalanan hampir tujuh bulan dari Bumi.

Mesin 3000N dinyalakan pada pukul 19.52 (waktu Beijing) untuk memperlambat Tianwen-1, menurut Administrasi Luar Angkasa Nasional China (CNSA).

Setelah sekitar 15 menit, pesawat ruang angkasa, termasuk pengorbit, pendarat dan penjelajah, telah melambat sehingga cukup untuk ditangkap oleh gravitasi Mars dan memasuki orbit elips di sekitar planet merah itu, dengan jarak terdekat dari permukaan Mars sekitar 400 kilometer.

Tianwen-1 membutuhkan sekitar 10 hari Bumi untuk menyelesaikan satu putaran.

Perkembangan tersebut menandai penyelesaian langkah kunci China dalam program eksplorasi Mars saat ini, yang dirancang untuk menyelesaikan pengorbit, pendaratan, dan penjelajahan dalam satu misi, kata CNSA.

Setelah memasuki orbit Mars, muatan di atas pengorbit, termasuk kamera dan berbagai penganalisis partikel, selanjutnya akan mulai bekerja dan melakukan survei di planet ini.

Tianwen-1 diluncurkan melalui roket Long March-5, kendaraan peluncuran terbesar di China, dari Situs Peluncuran Pesawat Luar Angkasa Wenchang di pantai provinsi Pulau Hainan di China selatan pada 23 Juli 2020.

Tianwen-1 yang telah melakukan perjalanan di luar angkasa selama 202 hari, telah melakukan empat koreksi orbital dan manuver luar angkasa. Armada luar angkasa ini telah terbang 475 juta kilometer dan berada 192 juta kilometer dari Bumi ketika mencapai orbit Mars.

Teleskop radio yang dapat dikendalikan dengan antena berdiameter 70 meter di Distrik Wuqing, Kota Tianjin, China bagian utara, adalah fasilitas utama yang menerima data ilmiah yang dikirim kembali oleh wahana Mars. Penundaan komunikasi satu arah sekitar 10,7 menit.

Tianwen-1 kini akan melakukan beberapa koreksi orbital untuk memasuki orbit parkir Mars sementara, lalu mensurvei lokasi pendaratan potensial untuk persiapan mendarat pada Mei atau Juni 2021.

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here