Perusahaan Taiwan dominasi industri semikonduktor global

Perusahaan Taiwan dominasi industri semikonduktor global
Ilustrasi. Beberapa perusahaan Taiwan menunjukkan peran penting mereka dalam perancangan, pembuatan, pengemasan, dan pengujian IC (Integrated Circuit) atau Sirkuit Terpadu yang digunakan dalam industri Teknologi Informasi (TI). (Photo by Magnus Engø on Unsplash)

Jakarta (Indonesia Window) – Beberapa perusahaan Taiwan menunjukkan peran penting mereka dalam perancangan, pembuatan, pengemasan, dan pengujian IC (Integrated Circuit) atau Sirkuit Terpadu yang digunakan dalam industri Teknologi Informasi (TI).

Pernyataan dari Kantor Ekonomi dan Perdagangan Taipei (TETO) yang diterima di Jakarta, Senin menyebutkan bahwa MediaTek Taiwan adalah perusahaan perancangan IC yang berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Pada November 2019, perusahaan tersebut merilis 5G SoC (system on chip), yaitu beberapa chip dengan fungsi berbeda yang diintegrasikan ke dalam satu chip dengan fungsi lengkap.

Teknologi itu dikeluarkan lebih awal dari Qualcomm, perusahaan industri chip ponsel terkemuka Amerika Serikat.

Sementara itu, ASE Technology Taiwan adalah perusahaan pengemasan dan pengujian semikonduktor terbesar di dunia.

Nilai total produk dari industri pengemasan dan pengujian perusahaan tersebut mencapai 50 persen lebih dari pasar global.

Dengan pencapaian tersebut, Taiwan telah menyandang gelar “Pulau Silikon”.

Beberapa pihak meyakini bahwa industri semikonduktor Taiwan telah menjadi urat nadi ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengembangan ekonomi perdagangan yang menjadi tempat bergantung bagi negara lain.

Bahkan, pesawat tempur moderen Amerika Serikat seperti F-35, atau peralatan satelit yang digunakan dalam program luar angkasa, menggunakan chip buatan TSMC (Taiwan Semiconductor Manufacturing Co.).

Laporan: Redaksi

Berkomentar?

Please enter your comment!
Please enter your name here