Banner

Pengusaha dan pejabat China-AS serukan penguatan kerja sama perdagangan

Foto yang diabadikan pada 24 September 2015 ini menunjukkan bendera nasional China (kanan) dan Amerika Serikat (AS) serta bendera Washington DC di Constitution Avenue di Washington, ibu kota AS. (Xinhua/Bao Dandan)

Perusahaan China di AS diharapkan untuk menjaga kepercayaan diri, membela hak dan kepentingan mereka sembari menerapkan kepatuhan, berkontribusi terhadap komunitas lokal sembari menghasilkan keuntungan, dan berperan sebagai pengikat dan jembatan dalam interaksi serta kerja sama antara kedua negara.

 

Chicago, AS (Xinhua) – Sekitar 500 pengusaha serta pejabat China dan Amerika Serikat (AS) yang menghadiri Gala Tahunan Kamar Dagang Umum China-AS Chicago (China General Chamber of Commerce-USA Chicago/CGCC-Chicago) ke-6 menyerukan penguatan kerja sama perdagangan dan ekonomi antara kedua belah pihak.

Banner

Digelar di Chicago pada Kamis (8/12) dengan tema ‘Pembukaan Kembali untuk Masa Depan Kita’ (Reopen for Our Future), acara tersebut meliputi sejumlah kegiatan, yaitu Panel Energi Bersih dan Perubahan Iklim, Diskusi Meja Bundar Wali Kota, Prakiraan China 2023, dan Dialog Duta Besar.

Perusahaan China di AS
Foto yang diabadikan pada 21 Agustus 2018 ini menunjukkan lini produksi kaca di fasilitas Fuyao Glass America (FGA) di Moraine, Dayton, Ohio, Amerika Serikat. (Xinhua/Wang Ying)

“Perusahaan-perusahaan China memiliki keinginan kuat untuk berinvestasi di AS, dan potensinya sangat menjanjikan,” kata Duta Besar (Dubes) China untuk AS Qin Gang dalam pidato utamanya pada acara tersebut.

“Selama bertahun-tahun, investasi China telah memberikan kontribusi penting terhadap pembangunan ekonomi dan sosial setempat, yang membuktikan sifat kerja sama bisnis kita yang saling menguntungkan,” tambahnya.

Banner

Sang dubes meminta perusahaan-perusahaan China di AS untuk menjaga kepercayaan diri, membela hak dan kepentingan mereka sembari menerapkan kepatuhan, berkontribusi terhadap komunitas lokal sembari menghasilkan keuntungan, dan berperan sebagai pengikat dan jembatan dalam interaksi serta kerja sama antara kedua negara.

Perusahaan China di AS
Kontainer-kontainer China COSCO Shipping Corporation Limited terlihat di Pelabuhan Long Beach di Los Angeles County, Amerika Serikat, pada 27 Februari 2019. (Xinhua/Li Ying)

Kepada pihak AS, dia berkata, “Saya berharap pemerintah federal dan subnasional akan menciptakan lingkungan yang adil bagi perusahaan-perusahaan China, menyambut mereka, mempertahankan mereka di sini, dan membiarkan mereka mencapai kesuksesan.”

Qin juga menganugerahkan penghargaan US-China Friendship Envoy Award kepada Presiden Komite Nasional Hubungan AS-China Steve Orlins atas kontribusinya terhadap hubungan China-AS.

Banner

Hubungan AS-China saat ini menghadapi banyak tantangan, ujar Ni Pin, Chairman CGCC-Chicago. Namun “nasib kita ada di tangan kita, sebagaimana keputusan yang dibuat oleh para pemimpin kita 50 tahun lalu telah mengubah hidup banyak orang … Inilah saatnya bagi kita untuk melangkah maju menuju hari esok yang lebih baik.”

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan