Menlu China bertemu utusan khusus PBB untuk Myanmar

Sejumlah kendaraan melintas di jalanan Kota Yangon, Myanmar, pada 2 Februari 2023. Dewan Pertahanan dan Keamanan Nasional (National Defense and Security Council/NDSC) Myanmar pada Rabu (1/2) memperpanjang keadaan darurat di negara Asia Tenggara itu selama enam bulan lagi. (Xinhua/Myo Kyaw Soe)

Perserikatan Bangsa-Bangsa menghargai peran penting China dalam mempromosikan penyelesaian masalah Myanmar dan berharap bahwa China akan terus memberikan kontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan pembangunan Myanmar.

 

Beijing, China (Xinhua) – Anggota Dewan Negara sekaligus Menteri Luar Negeri (Menlu) China Qin Gang bertemu dengan Utusan Khusus Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk Myanmar Noeleen Heyzer, di Beijing pada Senin (1/5).

Qin mengatakan bahwa dengan faktor internal dan eksternal yang saling terkait, masalah Myanmar menjadi rumit dan tidak memiliki “solusi cepat.” Dia menyerukan masyarakat internasional untuk menghormati kedaulatan Myanmar, serta mendukung semua pihak di Myanmar, dalam kerangka konstitusional dan hukum, untuk menjembatani perbedaan dan melanjutkan proses transisi politik melalui dialog politik.

Qin mengatakan masyarakat internasional harus menghormati mediasi Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dan mendukung implementasi konsensus lima poin tentang Myanmar.

Dia menekankan perlunya bertindak secara bijaksana dan pragmatis untuk mencegah eskalasi dan limpahan krisis, seraya menambahkan bahwa China akan terus mendukung dan membantu utusan khusus tersebut dalam jasa-jasa baiknya.

Heyzer mengatakan bahwa upaya untuk menyelesaikan masalah Myanmar harus dipimpin oleh Myanmar, dan bahwa kehendak rakyatnya harus dihormati.

PBB menghargai peran penting China dalam mempromosikan penyelesaian masalah Myanmar dan berharap bahwa China akan terus memberikan kontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan pembangunan Myanmar, kata utusan khusus tersebut.

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan