Banner

Bank sentral Jepang akan luncurkan program percontohan yen digital

Foto yang diabadikan pada 20 April 2022 ini menunjukkan uang kertas yen Jepang di Tokyo, Jepang. (Xinhua/Zhang Xiaoyu)

Penggunaan yen digital, menurut para pendukungnya akan memberi dorongan bagi ekonomi digital di Jepang, di mana penggunaan uang tunai masih menjadi bagian utama dari aktivitas pembayaran.

 

Tokyo, Jepang (Xinhua) – Bank sentral Jepang, Bank of Japan (BOJ), akan memulai program percontohan untuk menguji penggunaan yen digital dengan lembaga-lembaga keuangan komersial pada April mendatang, demikian disampaikan oleh pihak BOJ pada Jumat (17/2).

Banner

Di bawah program ini, BOJ akan melakukan simulasi transaksi dengan entitas swasta yang berada dalam lingkungan pengujian, sehingga dapat membantu BOJ bersiap jika pemerintah memutuskan untuk meluncurkan yen digital.

Puluhan lembaga keuangan, termasuk bank-bank terbesar di Jepang, pemberi pinjaman regional, dan perusahaan layanan pembayaran digital di negara itu diharapkan dapat berpartisipasi dalam pengujian program ini, menurut BOJ, seraya menambahkan bahwa pihaknya belum mengharapkan konsumen atau toko aktual untuk berpartisipasi.

Program percontohan ini akan menandai fase terakhir dalam pertimbangan Jepang untuk menggunakan yen digital, yang menurut para pendukungnya akan memberi dorongan bagi ekonomi digital di Jepang, di mana penggunaan uang tunai masih menjadi bagian utama dari aktivitas pembayaran.

Banner

BOJ akan membentuk Forum Mata Uang Digital Bank Sentral, yang akan berfungsi sebagai platform untuk berdiskusi dengan perusahaan-perusahaan swasta.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan