Banner

Pejabat sebut China termasuk salah satu negara teraman di dunia

Foto yang diabadikan pada 28 September 2022 ini menunjukkan pemandangan musim gugur di taman hutan nasional Guan’egou di wilayah Dangchang, Provinsi Gansu, China barat laut. (Xinhua/Liu Hui)

China merupakan salah satu negara teraman di dunia dengan jumlah tindak kriminal utama seperti pembunuhan dan pemerkosaan pada 2021 tercatat 64,4 persen lebih rendah dari 2012, sementara jumlah kejahatan terkait narkoba, perampokan, dan pencurian juga turun masing-masing sebesar 56,8 persen, 96,1 persen, dan 62,6 persen.

 

Beijing, China (Xinhua) – China diakui secara luas sebagai salah satu negara teraman di dunia, demikian disampaikan Xu Ganlu, Wakil Menteri Keamanan Publik China, dalam sebuah konferensi pers di Beijing pada Rabu (19/10).

Banner

Seraya mengungkapkan bahwa China merupakan salah satu negara teraman dengan tingkat pembunuhan terendah serta jumlah kasus terkait senjata dan bahan peledak terendah, Xu mengatakan China mencatatkan penurunan signifikan dalam jumlah kasus kriminal dan kecelakaan keselamatan selama satu dekade terakhir.

Jumlah tindak kriminal utama seperti pembunuhan dan pemerkosaan pada 2021 tercatat 64,4 persen lebih rendah dari 2012, sementara jumlah kejahatan terkait narkoba, perampokan, dan pencurian juga turun masing-masing sebesar 56,8 persen, 96,1 persen, dan 62,6 persen, kata Xu kepada wartawan di sela-sela Kongres Nasional CPC ke-20.

Menurut survei yang dilakukan oleh Biro Statistik Nasional China pada 2021, sekitar 98,6 persen dari peserta survei merasa aman tinggal di China, naik 11 poin persentase dari 2012, katanya.

Banner

Wakil menteri tersebut mengatakan sekitar 3.800 petugas polisi mengorbankan hidup mereka dalam 10 tahun terakhir dalam proses mempertahankan keamanan dan stabilitas sosial.

Kendati demikian, Xu mengatakan China akan terus menindak kejahatan terorganisasi dan membasmi geng kriminal lokal secara berkelanjutan dan memfokuskan upayanya terhadap pelanggaran pidana serius yang menjadi perhatian publik, melindungi dengan lebih baik keamanan nasional, stabilitas sosial, dan kepentingan rakyat.

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Iklan