Banner

PBB: 1,5 juta orang tinggalkan Ukraina sejak perang dimulai

Lebih dari 1,5 juta pengungsi telah melarikan diri dari Ukraina ke negara-negara tetangga, terutama Polandia, sejak perang dimulai pada 24 Februari 2022. (ABC News/YouTube/screenshot)

Jakarta (Indonesia Window) – Lebih dari 1,5 juta pengungsi telah melarikan diri dari Ukraina ke negara-negara tetangga sejak perang dimulai pada 24 Februari, kata pejabat tinggi Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi pada Ahad.

“Lebih dari 1,5 juta pengungsi dari Ukraina telah menyeberang ke negara-negara tetangga dalam 10 hari – krisis pengungsi yang tumbuh paling cepat di Eropa sejak Perang Dunia II,” Filippo Grandi, komisaris tinggi PBB untuk pengungsi, menulis di Twitter.

Banner

Jumlahnya terus meningkat, naik dari 1,2 juta pada hari Jumat (4/3).

Menurut angka Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia (OHCHR) pada Sabtu (5/3), setidaknya 351 warga sipil telah tewas dan 707 lainnya terluka di Ukraina sejak Rusia melancarkan perang terhadap negara tetangganya itu.

Di antara 351 yang tewas adalah 41 wanita dan 22 anak-anak, menurut PBB.

Banner

Perang Rusia di Ukraina telah disambut oleh kemarahan dari komunitas internasional, dengan Uni Eropa, Inggris, dan AS menerapkan berbagai sanksi ekonomi terhadap Moskow.

Sumber: https://www.middleeastmonitor.com/

Laporan: Redaksi

Banner

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan