Banner

Komentar Xinhua: Vitalisasi pedesaan jadi prioritas dalam agenda 2023 China

Foto yang diabadikan pada 17 Mei 2022 ini memperlihatkan ladang gandum di Desa Magang di Hefei, Provinsi Anhui, China timur. (Xinhua/Ge Qingzhao)

Negara sosialis modern China yang dibangun dalam segala bidang masih terletak di pedesaan, dengan pekerjaan di bidang pertanian dan petani menjadi prioritas dalam agenda otoritas pusat.

 

Beijing, China (Xinhua) – China telah membuat rencana strategis untuk memajukan vitalisasi pedesaan secara menyeluruh dan mempercepat pembangunan pertanian yang kuat, dengan tujuan untuk membangun China menjadi negara sosialis modern yang hebat di segala bidang.

Banner

Pentingnya rencana tersebut ditegaskan kembali dalam ‘dokumen sentral No. 1’ untuk tahun 2023, yang diluncurkan pada Senin (13/2), menguraikan sembilan tugas dalam mendorong vitalisasi pedesaan secara komprehensif tahun ini.

Sebagai pernyataan kebijakan pertama yang dikeluarkan oleh otoritas pusat China setiap tahun, dokumen tersebut dipandang sebagai indikator prioritas kebijakan. Pekerjaan di bidang pertanian, daerah pedesaan, dan petani menjadi prioritas dalam agenda otoritas pusat.

Dokumen sentral No. 1 tahun ini menyerukan sejumlah upaya, di antaranya memastikan pasokan biji-bijian serta produk pertanian penting yang stabil dan aman; memajukan pembangunan infrastruktur pertanian; memperkuat dukungan untuk ilmu pengetahuan, teknologi, dan peralatan pertanian; mengonsolidasikan dan memperluas pencapaian pengentasan kemiskinan; serta memperluas saluran bagi petani untuk meningkatkan pendapatan.

Banner

Dokumen tersebut mengungkapkan bahwa output biji-bijian tahunan harus tetap di atas 650 miliar kilogram (kg). Sebenarnya, China telah mengamankan panen raya selama 19 tahun berturut-turut, dengan output biji-bijian sekitar 686,5 miliar kg pada 2022, naik 0,5 persen dari 2021. Fakta bahwa China mampu memberi makan penduduknya sendiri merupakan kontribusi besar bagi ketahanan pangan global.

Mempertahankan momentum yang baik dalam output biji-bijian serta mempercepat upaya untuk memodernisasi sektor pertanian dan daerah pedesaan akan meletakkan fondasi solid bagi kinerja ekonomi negara di Asia Timur itu secara keseluruhan dan berkontribusi bagi ketahanan nasional.

Dokumen itu menyebutkan bahwa tugas terberat untuk membangun negara sosialis modern dalam segala bidang masih terletak di pedesaan. Memprioritaskan pembangunan pertanian dan pedesaan serta memperkuat dukungan teknologi dan kebijakan untuk vitalisasi pedesaan tentu akan berkontribusi bagi upaya modernisasi China.

Banner

Laporan: Redaksi

Tinggalkan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Banner
Banner

Iklan